Advertisement

Dikukuhkan Sebagai Guru Besar, Begini Pesan Dosen UAJY kepada Mahasiswa yang Masih Menempuh Studi

Media Digital
Kamis, 29 Februari 2024 - 19:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dikukuhkan Sebagai Guru Besar, Begini Pesan Dosen UAJY kepada Mahasiswa yang Masih Menempuh Studi Profesor Paulus Wisnu Anggoro saat berpidato dalam Pengukuhan Guru Besar di Fakultas Teknologi Industri, Kamis (29/2/2024) di Student Center, Kampus 2 di Jalan Babarsari No.44, Kalurahan Condongcatur, Depok. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Dosen Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Paulus Wisnu Anggoro dikukuhkan sebagai Guru Besar di Fakultas Teknologi Industri, Kamis (29/2/2024) di Student Center, Kampus 2 di Jalan Babarsari No.44, Kalurahan Condongcatur, Depok. Didalam pidato pengukuhan ia pun memberikan semangat kepada rekan dosen maupun mahasiswa untuk menyelesaikan studinya.

“Janganlah patah semangat dan selalu berprinsip carilahh Mutiara ke laut yang paling dalam sekalipun agar hasil yang diperoleh benar-benar dapat dimanfaatkan oleh semua pihak,” kata Wisnu dalam pidatonya, Kamis.

Advertisement

Menurut dia, semangat pantang menyerah ini harus terus dimiliki agar cita-cita yang diimpi-impikan dapat diraih. Salah satu kunci kesuksesan dengan terus berlajar untuk menulis.

Hal ini dikarenakan dengan menulis lewat karya maka akan mampu menaklukkan dunia sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. “Selalu ingatlah bahwa kita semua ini bukan anak raja atau anak ulama besar, maka belajarlah untuk menulis. Dengan menulis kalian akan mampu menaklukkan dunia apapun sesuai kompetensi kalian. Gunakanlah waktu kalian untuk selalu belajar, berjuang dan tingkatkan prestasi kalian. Jangan pernah lelah dan berhenti untuk belajar sampai kapanpun,” katanya.

Keberhasilan Wisnu menjadi Guru Besar di Fakultas Teknik Industri UAJY tidak lepas dari hasil penelitian yang dilakukannya. Ia berhasil mengembangkan sepatu Boots Orthotik untuk pasien clubfoot dan Keramik Tableware melalui aplikasi teknologi Computer Aided Reverse Engineering (CARE) System dalam Hilirisasi Riset Pengembangan Sepatu Orthotik Custom untuk Pasien Clubfoot dan Miranda Keer Tea for One Teapot.

“Teknologi ini mengedepankan konsep RE dan 3D modelling dalam membangkitkan ide konsep perancangan produk yang diinginkan oleh industri maupun masyarakat menjadi kenyataan,” katanya.

Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta, G. Sri Nurhartanto mengatakan, di awal tahun ini sudah ada tambahan lima Guru Besar. Total hingga saat ini di universitas sudah ada 18 berstatus Profesor. “Akan segera dibentuk Dewan Guru Besar sebagai wadah,” katanya.

Menurut dia, penyematan gelar Guru Besar bukan seremoni dikarenakan memiliki tanggung jawab untuk memajukan Pendidikan di universitas sehingga memiliki daya tawar yang tinggi di Masyarakat. “Tentunya apa yang diraih oleh dosen senior bisa diikuti oleh para dosen-dosen muda agar lebih berprestasi,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement