Advertisement

Peringatan HPKN Jadi Fondasi Kemajuan Bangsa

Yosef Leon
Jum'at, 01 Maret 2024 - 21:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Peringatan HPKN Jadi Fondasi Kemajuan Bangsa Peringatan HPKN yang diisi dengan upacara bendera di Stadion Mandala Krida oleh seluruh OPD dan Forkopimda DIY pada Jumat (1/3 - 2024). Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAKedaulatan yang Beradab Penentu Masa Depan Bangsa menjadi tema Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) 2024 yang merefleksikan sebuah ajakan untuk gumregah dan manunggal nyawiji menuju ke sebuah tataran di mana kedaulatan sejati menjadi fondasi bagi kemajuan bangsa.

Ketua Pengadilan Tinggi DIY Setyawan Hartono mengatakan peringatan ini juga menjadi penanda kedaulatan tidak lagi terbatas pada wilayah fisik atau sejarah, melainkan sudah harus merasuk ke denyut kehidupan masyarakat.

Advertisement

Itu disampaikannya saat menjadi inspektur upacara peringatan HPKN 2024 DIY pada Jumat (1/3/2024) di Stadion Mandala Krida yang diikuti seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY, jajaran Forkopimda DIY dan segenap hadirin tamu undangan lainnya.

Setyawan mengatakan kedaulatan menjadi praktik harian yang merasuki setiap interaksi dan setiap kebijakan, yang ditujukan untuk memajukan bangsa. “Saat ini adalah era di mana masa depan bangsa ditentukan oleh perbuatan nyata yang lahir dari seberapa dalam kita memahami, menghargai, dan menerapkan kedaulatan,” ungkapnya.

Baca Juga

1 Maret Hari Penegakan Kedaulatan, Sultan: Jadi Pengingat untuk Pererat Persatuan

Teatrikal Serangan Umum 1 Maret Bakal Digelar saat Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Sarasehan HPKN 2024, Momentum Menyemai Nilai Perjuangan Keindonesiaan

Menurut Setyawan, dalam tataran ini, penegakan kedaulatan negara menjadi katalis yang menginspirasi kedaulatan rakyat dalam wujud yang lebih luas. Pertama, kedaulatan budaya, di mana kekayaan dan keragaman budaya bangsa menjadi pilar identitas nasional. "Kedua, kedaulatan sosial, tempat setiap individu dihargai dan dilindungi, memastikan tidak ada yang tertinggal atau dilupakan," katanya.

Ketiga, kedaulatan ekonomi, di mana kesejahteraan dibangun atas dasar keadilan dan kesetaraan, memungkinkan setiap warga negara berkontribusi dan menikmati hasil pembangunan dan kempat, kedaulatan politik, yang menjamin kebebasan berpikir, berbicara, dan berpartisipasi dalam kehidupan berdemokrasi. "Semoga bangsa ini senantiasa berada di jalan yang lurus dalam memaknai HPKN melalui karya nyata,” imbuh Setyawan.

Peringatan HPKN 2024 juga turut dimeriahkan dengan penampilan teatrikal sejarah Komunitas Jogja 1945 yang berkolaborasi dengan Sanggar Seni Tari Srikandi Adhimukti. Persembahan teatrikal sejarah ini mengusung tema Gelora Rakyat Mataram Menegakkan Kedaulatan Negara yang menceritakan perjuangan Serangan Umum 1 Maret 1949.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jumlah Warga Palestina yang Tewas di Jalur Gaza Bertambah Menjadi 34.356 Orang

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement