Advertisement

Secuil Kisah Prof. Djamaluddin Ancok, Sosok yang Ceria dan Sederhana di Kampus

Catur Dwi Janati
Minggu, 17 Maret 2024 - 07:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Secuil Kisah Prof. Djamaluddin Ancok, Sosok yang Ceria dan Sederhana di Kampus Berita duka meninggalnya Guru Besar Purna Tugas Fakultas Psikologi UGM, Prof. Djamaluddin Ancok. - Istimewa // UGM

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kabar duka meninggalnya Guru Besar Purna Tugas Fakultas Psikologi UGM, Prof. Djamaluddin Ancok telah tersiar sejak Jumat (15/3/2024). Meski telah berpulang, gaung keilmuannya dalam dunia psikologi akan terus menjalar dan meninggalkan kenangan bagi orang-orang yang mengenalnya.

Sosok ceria dan sederhana, menjadi dua diksi yang terlontar dari benak Wakil Dekan bidang Keuangan, Aset, dan Sumber Daya Manusia Fakultas Psikologi UGM, Sumaryono saat ditanya mengenai sosok Prof. Ancok. Sebagai kolega yang bertahun-tahun beraktivitas bersama di kampus, keseharian Prof. Ancok di mata Sumaryono adalah sosok yang ceria.

Advertisement

BACA JUGA: Innalillahi, Guru Besar Fakultas Psikologi UGM Prof. Djamaludin Ancok Wafat

Kehadiran sang mendiang diungkaokan Sumaryono selalu membawa semangat bagi rekan-rekannya yang masih muda untuk terus mengembangkan diri.

"Keseharian beliau itu, beliau selalu ceria. Selalu membuat semangat teman-teman muda atau anak-anak muda untuk harus mengembangkan diri," kenang Sumaryono pada Sabtu (16/3/2024).

Tak hanya sosok yang ceria, Prof. Ancok dikenal sederhana. Kesederhanaan mendiang masih diingat betul oleh Sumaryono, kala Prof. Ancok memilih menaiki sepeda motornya untuk mengajar. Bukan mobil mewah, namun justru kendaraan roda dua yang juga banyak dipakai oleh para mahasiwa untuk pergi ke kampus.

"Beliau biasanya dengan penuh kesederhanaan. Kadang ke kampus gitu ya naik sepeda motor," ungkapnya.

Dari sisi keilmuan Prof. Ancok banyak melakukan riset di bidang Social Psychology, Cross-Cultural Management hingga Leadership and Innovation cluster - Nursing Education. Bahkan di akhir hayatnya, Prof. Ancok yang berusia 77 tahun masih mengikuti sejumlah kelihatan di kampus. Termasuk aktivitas mengajar yang sudah tidak banyak maupun kegiatan lainnya.

"Kalau terakhir-terakhir mungkin sudah tidak banyak [mengajar], dua minggu yang lalu mengawal pembukaan anak-anak MM itu," ujarnya.

Namun kini, sosok ceria, sederhana dan berdedikasi dalam keilmuan psikologi tersebut telah meninggalkan sivitas Fakultas Psikologi UGM untuk selama-lamanya. Kabar berpulangnya mendiang di Jumat malam, meninggalkan duka yang mendalam. "Baru tadi malam baru ada info kalau beliau meninggal," ungkapnya.

Sumaryono juga tahu akan sakit yang diderita mendiang. Selama ini sosok Prof. Ancok disebut Sumaryono memiliki sakit asam urat. Sementara sepengetahuannya, pekan ini mendiang tengah tinggal sendiri di kediamannya yang terletak di Sambilegi Kidul RT 05/RW 57 Maguwoharjo Depok. Sang istri, tengah ke Jakarta untuk menjalani perawat akan sakit yang dideritanya. "Iya pas saat kemarin itu pas posisi sendiri di rumah," ujarnya.

BACA JUGA: Kronologi Guru Besar UGM Ditemukan Meninggal di Rumahnya

"Bu Jamal [istri mendiang] baru perawatan sakit, di rumah putranya yang di Jakarta," lanjut Sumaryono.

Sebagai kampus yang banyak mendapatkan kebaikan dari mendiang, UGM sejatinya siap menggelar prosesi penghormatan terakhir kepada beliau. Namun atas permintaan keluarga mendiang, Prof. Ancok disemayamkan di rumah duka yang berada di kediamannya Maguwoharjo dan selanjutnya dimakamkan di pemakaman kampung setempat. Lokasi yang sama tempat putra mendiang dimakamkan.

"Disemayamkannya di rumah dan dimakamkan di makam kampung. Karena di sebelahnya ada makam putranya," tuturnya.

"Walaupun diberi kesempatan untuk prosesi [penghormatan terakhir], cuma karena ini permintaan keluarga jadi kita menghormati keluarga," tandas Sumaryono. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement