Advertisement

Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Pemkab, DPRD Kulonprogo Berikan Apresiasi dan Rekomendasi

Triyo Handoko
Kamis, 21 Maret 2024 - 15:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Pemkab, DPRD Kulonprogo Berikan Apresiasi dan Rekomendasi Penandatanganan dan penyerahan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti (kanan) kepada Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati (kiri), Kamis (21/3/2024).Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—DPRD Kulonprogo menggelar rapat paripurna dengan agenda Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti, Kamis (21/3/2024). Laporan yang berisi progres pembangunan sepanjang 2023 tersebut diapresiasi legislatif Bumi Binangun dan diberikan beberapa rekomendasi agar dapat dimaksimalkan pada 2024 ini.

Rapat Paripurna itu dihadiri hampir seluruh anggota DPRD Kulonprogo dan sebagian besar organisasi perangkat daerah (OPD). Dilangsungkan hampir dua jam, rapat itu ditutup dengan penyerahan simbolis Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban.

Advertisement

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati yang memimpin Rapat Paripurna ini menyampaikan apresiasi itu. "Berbagai capaian dan prestasi serta penghargaan dapat diperoleh, tentu ini kami apresiasi," katanya saat ditemui seusai kegiatan tersebut.

Akhid menjelaskan salah satu prestasi yang diperoleh Pemkab Kulonprogo adalah penghargaan Adipura pada awal Maret lalu. "Setelah 29 tahun terakhir mendapatkannya, alhamdulillah tahun ini dapat lagi, tentu ini prestasi," ujarnya.

Baca Juga

Jadi Pejabat Bupati Kulonprogo, Ni Made: Siap Kawal Aerotropolis!

4 Kepala Dinas Kulonprogo Dilantik, Inspektur Daerah Siap Tingkatkan Pengawasan

Festival Buah Kulonprogo Dapat Menopang Perkembangan Pariwisata

Tak hanya memberikan apresiasi, Akhid juga memberikan catatan dan rekomendasi. "Salah satu catatan penting kami adalah terkait tujuh program pembangunan Pemda DIY di Kulonprogo, ini harus terus dikawal," terangnya.

Kesuksesan Pemkab Kulonprogo dalam pembangunan, jelas Akhid, mestinya tak hanya administratif dalam laporan tersebut. "Kami ingin pembangunan yang ada sukses secara realitas juga di lapangan, terutama bagaimana kemiskinan ini tidak hanya sebatas angka tapi harus terus diupayakan untuk dikurangi, begitu juga agar masyarakat terus sejahtera," jelasnya.

Sementara itu Ni Made dalam penyampaiannya menyebut terdapat tujuh program pembangunan yang akn terus dikawalnya, yaitu pembangunan Jalan Temon – Borobudur, pembangunan SPAM Kamijoro, lalu penyelesaian pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto. Selanjutnya pengembangan Kawasan Pantai Selatan DIY, pengembangan Kawasan Perbukitan Menoreh, pengembangan Kawasan Aerotropolis di Kulonprogo dan pengembangan Jogjakarta Agro Park.

"Terkait Pelabuhan Tanjung Adikarto saat ini pembangunan fisik fasilitas fungsional dan penunjang sudah selesai 95% sedangkan fasilitas pokok yang belum selesai adalah konstruksi breakwater dikarenakan belum memenuhi kebutuhan panjang ideal sehingga belum bisa dimanfaatkan untuk operasi kapal," jelas Ni Made.

Ni Made menyampikan seluruh program itu akan dikajinya lebih mendalam agar realisasinya dapat maksimal pada 2024 ini. "Rekomendasi yang diberikan DPRD Kulonprogo tentu akan jadi bahan bagi kami untuk meningkatkan kinerja dan capaian untuk mensejahterakan masyarakat," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kerusakan Akibat Gempa Garut Terjadi di Empat Kabupaten, Terparah Bandung

News
| Minggu, 28 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement