Advertisement

HARI AIR SEDUNIA: PDAM Sleman Tanam 1.000 Pohon di Lereng Merapi

Media Digital
Jum'at, 22 Maret 2024 - 05:47 WIB
Ujang Hasanudin
HARI AIR SEDUNIA: PDAM Sleman Tanam 1.000 Pohon di Lereng Merapi Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Sleman, Dwi Nurwata (baju batik) saat melakukan penanaman pohon di kawasan lereng Merapi beberapa waktu lalu. - Istimewa / dok PDAM Sleman

Advertisement

SLEMAN—PDAM Tirta Sembada Sleman ikut menyemarakkan Peringatan Hari Air Sedunia 2024 yang dilaksanakan Jumat (22/3/2024). Kegiatan peringatan salah satunya dilakukan dengan menanam 1.000 pohon di lereng Gunung Merapi.

Direktur Utama PDAM Tirta Sembada Sleman, Dwi Nurwata mengatakan Peringatan Hari Air Sedunia menjadi momen penting untuk mengedukasi masyarakat.

Advertisement

Menurut dia, masyarakat perlu diberikan sosialiasi dan diajak untuk ikut berpartisipasi menjaga kelestarian sumber mata air.“Air menjadi kebutuhan vital karena jika tidak tercukupi bisa mati,” kata Dwi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/3/2024).

Dia menjelaskan, keberadaan sumber air semakin berkurang seiring dengan pesatnya pertumbuhan manusia. Di sisi lain, terjadinya bencana seperti Gunung Merapi yang meletus di 2010 ikut berpengaruh terhadap Umbul Wadon yang menjadi salah satu lokasi pengambilan air milik PDAM Tirta Sembada. “Penurunan debitnya sudah mencapai lima hingga sepuluh persen. Jadi, ini harus diantisipasi agar tidak terjadi krisis, di tengah terus bertambahnya pelanggan PDAM,” katanya.

Menurut Dwi, untuk menjaga kelestarian air dengan cara konservasi. Oleh karena itu, dalam Peringatan Hari Air Sedunia akan dilakukan beberapa kegiatan.

BACA JUGA: PDAM Sleman Beri Program Pemasangan Sambungan Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Ia menjelaskan, kegiatan pertama dilakukan dengan cara memberikan edukasi ke masyarakat. Rencananya dilaksanakan dengan memberikan bingkisan kepada pengguna jalan di titik yang ditentukan. “Kegiatan ini tidak hanya memberikan bingkisan, tapi juga ada pemberian sticker tentang pesan-pesan untuk berpartisipasi dalam konservasi sumber air,” katanya.

Adapun kegiatan kedua dilakukan dengan program reboisasi atau gerakan penanaman pohon. Rencananya, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman untuk menanam 1.000 pohon di lereng Gunung Merapi. “Untuk jenisnya adalah bibit pohon yang memiliki akar panjang sehingga bisa menahan air serta tentunya berbuah sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan,” kata Dwi.

Disinggung mengenai pelanggan di PDAM Tirta Sembada, ia mengakui hingga sekarang berjumlah sekitar 45.000 sambungan rumah (SR). Jumlah ini diperkirakan terus bertambah dikarenakan setiap tahunnya terdapat sekitar 2.000 pelanggan baru. “Dari sumber yang dimiliki kapasitasnya sekitar 640 liter per detik. Untuk sekarang masih mencukupi, tapi kalau terus bertambah pelanggannya maka harus ada alternatif sumber lain. Jadi, upaya konservasi untuk mempertahankan sumber air sangat penting karena juga menyangkut masalah pelayanan,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement