Advertisement

Sejumlah Personel SAR Diterjunkan Amankan Wisata Pantai selama Libur Lebaran

Yosef Leon
Rabu, 27 Maret 2024 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Sejumlah Personel SAR Diterjunkan Amankan Wisata Pantai selama Libur Lebaran Petugas memasang rambu peringatan bahaya di kawasan Pantai Parangtritis untuk mencegah adanya laka laut, Senin (24/4/2023) - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY bakal mengerahkan sejumlah personel untuk berjaga di sejumlah objek wisata khususnya kawasan pantai selama masa libur Lebaran mendatang. Personel ditugaskan khusus untuk mengantisipasi adanya insiden kecelakaan laut yang biasanya terjadi saat musim liburan. 

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad mengatakan, pihaknya akan menggandeng Polairud, Basarnas, dan Satlinmas Rescue Istimewa dalam mengamankan libur Lebaran mendatang. Tidak hanya menjaga masa liburan, personel juga akan ditugaskan mengantisipasi bencana alam di wilayah masing-masing. 

Advertisement

BACA JUGA: Sejumlah Titik Jalan Rusak di Sleman Ditambal, Segini Panjang Jalannya

"Kami sedang berproses meminta Jaga Warga dan linmas di lingkungan masing-masing untuk bisa meningkatkan keamanan di lingkungan mereka selama libur Lebaran," katanya, Rabu (27/3/2024). 

Noviar menyebut, total ada 33 titik pantai yang ada di DIY dan tersebar mulai dari ujung timur yakni Pantai Sadeng, Wediombo, kemudian ke barat ada Pantai Congot, Waduk Sermo sampai Gunung Merapi. Sejumlah objek wisata itu akan dijaga selama 24 jam.  

"Kami juga akan mengingatkan wisatawan di pantai Parangtritis terutama untuk hati-hati terkait adanya palung laut di sana

karena masih dalam musim hujan. Jadi para wisatawan tolong memperhatikan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG terutama kalau terjadi awan kumulonimbus yang disertai dengan angin puting beliung," jelasnya. 

Berdasarkan catatan pihaknya total ada 328 personel Satlinmas Rescue Istimewa yang nantinya disiagakan, kemudian Jaga Warga total seluruhnya 102.000 orang dan Satlinmas 27.524 orang. Pembagian ketugasannya nanti akan diberikan kepada masing-masing unit dan kabupaten kota. 

BACA JUGA: Kronologi Petugas Lapas Wirogunan Jogja Gagalkan Penyelundupan 74 Butir Pil Koplo

"Dari Satlinmas Rescue Istimewa juga sudah memasang bendera merah di tempat yang berbahaya di Pantai Parangtritis sehingga masyarakat diharapkan memperhatikan tanda yang sudah dipasang itu," katanya. 

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Lilik Andi Aryanto mengatakan, pihaknya mengantisipasi peralihan musim hujan menuju kemarau yang diprediksi mengakibatkan cuaca ekstrem. Menurutnya itu diprediksi terjadi pada April menuju Mei mendatang. 

"Pancaroba biasanya sangat memungkinkan terjadinya cuaca ekstrem. Kita tetap pantau di sejumlah wilayah yang rawan agar masyarakat tetap waspada," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement