Advertisement

Kurangi Risiko Kecelakaan, DPUPKP Sleman Pasang Peringatan Jalan Rusak di Sejumlah Titik

David Kurniawan
Minggu, 31 Maret 2024 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kurangi Risiko Kecelakaan, DPUPKP Sleman Pasang Peringatan Jalan Rusak di Sejumlah Titik Seorang pengendara motor melintas di ruas jalan kabupaten di Padukuhan Lemahbang, Gayamharjo, Prambanan. Dikarenakan kondisinya, DPUPKP Sleman memasang papan peringatan jalan rusak. Foto diambil 30 Maret 2024. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Hariangjogja.com, SLEMAN—Jelang Lebaran, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman tidak hanya mempercepat upaya penambalan jalan, tapi juga ada pemasangan papan peringatan jalan rusak di sejumlah ruas. Pemasangan agar pengguna jalan lebih berhati-hati agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Sub Koordinator Kelompok Subtansi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga, DPUPKP Sleman, Suparman mengatakan, terus berupaya untuk memastikan kesiapan jalan yang dipergunakan mudik di Lebaran tahun ini. Upaya dilakukan dengan program penambalan jalan dengan alokasi hampir mencapai Rp8 miliar.

Advertisement

BACA JUGA: Hati-hati Mudik Lewat Jalan Alternatif di Sleman, Polisi: Banyak Lubang

Kendati demikian, penambalan hanya dilakukan untuk ruas jalan yang rusak ringan. Di sisi lain, ia tidak menampik ada kondisi jalan yang mengalami rusak parah sehingga perbaikan tidak hanya cukup dengan penambalan.

Ia menyebutkan beberapa ruas jalan kabupaten yang rusak parah di antaranya di Kapanewon Prambanan meliputi titik di Kalurahan Sumberharjo dan Gayamharjo. Selain itu, juga ada ruas di wilayah Kapanewon Cangkringan.

“Jelang Lebaran ini, kami sudah memasang papan peringatan terkait dengan kondisi jalan yang rusak,” kata Parman, Minggu (31/3/2024).

Dia menjelaskan, tujuan dari pemasangan rambu peringatan agar pengguna jalan lebih berhati-hati sehingga risiko kecelakaan dapat ditekan. Kendati demikian, ia memastikan tetap ada upaya perbaikan secara menyeluruh, namun pelaksanaannya juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Perbaikan akan terus diupayakan. Pemasangan papan peringatan agar warga yang melintas untuk lebih berhati-hati karena kondisi jalannya rusak,” katanya.

BACA JUGA: Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Kepala DPUPKP Sleman, Mirza Anfansury mengatakan, ada sejumlah ruas jalan kabupaten yang rusak akibat lalu lalang truk pengangkut tanah urug untuk pembangunan jalan tol. Kerusakan ini terlihat di ruas Sumberharjo dan Gayamharjo di Kapaewon Prambanan.

“Salah satunya terlihat di dekat SMP Negeri 2 Prambanan [ruas Sumberharjo]. Jalannya rusak karena dilalui truk pengangkut material untuk pembangunan jalan tol,” kata Mirza, Jumat (29/3/2024).

Menurut dia, sesuai dengan status jalan, perbaikan merupakan kewenangan dari pemkab. Kendati demikian, untuk pelaksanaannya dilakukan koordinasi dengan pihak tol.

“Sudah ada pertemuan dan ada kesiapan perbaikan ruas jalan rusak yang disebabkan aktivitas penambanagan tanah urug pembangunan tol,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepada Presiden Terpilih Prabowo, Luhut Berpesan Jangan Bawa Orang Toxic ke Kabinet

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement