Advertisement

Libur Lebaran 2024, Tarif Parkir dan Harga Kuliner di Sleman Diawasi Ketat

Newswire
Selasa, 02 April 2024 - 19:37 WIB
Maya Herawati
Libur Lebaran 2024, Tarif Parkir dan Harga Kuliner di Sleman Diawasi Ketat Ilustrasi tarif parkir / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelaku wisata dan jasa pariwisata lainnya di Kabupaten Sleman diminta tidak memanfaatkan momen libur Lebaran tahun ini untuk mendapat keuntungan di luar kewajaran dan menyalahi aturan. Pengawasan bakal dilakukan Dinas Pariwisata Sleman.

"Kami akan melakukan sosialisasi dan pengawasan kepada pelaku wisata dan jasa usaha pariwisata, baik itu terkait tarif jasa parkir kendaraan maupun harga makanan-minuman di objek wisata jangan sampai nuthuk wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Senin (1/3/2024).

Advertisement

Menurut dia, hal tersebut berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya setiap ada momen libur panjang, terutama saat Lebaran selalu muncul keluhan dari wisatawan terkait tarif parkir kendaraan dan retribusi lainnya. "Kami melakukan antisipasi, karena hal tersebut akan menorehkan citra yang kurang baik dimata wisatawan," katanya.

BACA JUGA: Duh! Pemkab Gunungkidul Sebut 166 Perusahaan Belum Memastikan Pembayaran THR

Ia mengatakan, selama periode libur Lebaran 2024 yakni dari 5 sampai 17 April 2024, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 450.000 wisatawan.

"Kami targetkan pergerakan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata dan desa wisata di Sleman mencapai angka 450.000 kunjungan," katanya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan bahwa diprediksi pada libur mudik Lebaran tahun ini, orang yang bakal mudik ke Yogyakarta mencapai 11,7 juta orang. "Dari jumlah tersebut 4 juta akan masuk ke wilayah Sleman," katanya.

Danang mengatakan, dari hasil koordinasi dengan pihak terkait, di pertengahan pemudik paling banyak menggunakan moda transportasi kereta api sebesar 20,3%, bus 19,4%, mobil pribadi 18,3% dan sepeda motor 16,7%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement