Advertisement

Dinkes Bantul Siapkan Nakes di Pospam Terpadu 24 Jam saat Lebaran 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 03 April 2024 - 17:57 WIB
Sunartono
Dinkes Bantul Siapkan Nakes di Pospam Terpadu 24 Jam saat Lebaran 2024 Ilustrasi pos pengamanan Lebaran 2023. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul akan menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) di beberapa pos pelayanan kesehatan terpadu selama lebaran 2024. 

Kepala Dinkes Bantul, Agus Tri Widiyantara menyampaikan beberapa nakes akan ditempatkan di pos pelayanan kesehatan terpadu di perempatan Druwo, pertigaan Piyungan, bunderan Srandakan, Pantai Parangkusumo dan Public Safety Center (PSC) Bantul. Nantinya, nakes tersebut akan berjaga bergantian selama 24 jam.

Advertisement

BACA JUGA : Ratusan Tenaga Kesehatan Kota Jogja Dapat Edukasi soal Stunting

Pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No.B/000.1.10/01073 mengenai kesiapsiagaan selama lebaran 2024. Dalam SE tersebut seluruh RS, puskesmas dan klinik diminta mengatur jadwal pelayanannya dan menyiapkan nakes selama lebaran 2024.

"[Selama lebaran 2024] Seluruh RS, puskesmas, dan Public Safety Center (PSC) 119 Bantul akan menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) atau menyiapkan personil cadangan beserta ambulans dan kelengkapannya untuk antisipasi adanya kasus gawat darurat, kasus kecelakaan, dan kasus penyakit," ujarnya, Rabu (3/4/2024).

Dia menegaskan selama kurun waktu tersebut, seluruh RS, puskesmas rawat inap dan klinik rawat inap di Bantul akan tetap memberikan pelayanan kesehatan 24 jam.

Ia meminta agar seluruh Fasyankes menginformasikan apabila ada perubahan jadwal pelayanan kesehatan selama kurun waktu tersebut. Sehingga, masyakat tetap dapat mengetahui beberapa pelayanan yang dapat diakses selama kurun waktu tersebut.

Seluruh Fasyankes juga diminta terus memantau penerapan protokol kesehatan (prokes) bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan pelaku perjalanan luar negeri, serta meningkatkan peran tenaga promosi kesehatannya untuk melaksanakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), pemberdayaan masyarakat tentang pentingnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kita harapkan selama libur lebaran dan cuti bersama seluruh Faskes meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan medis untuk mengatasi segala kemungkinan selama lebaran," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement