Advertisement

Di Jogja, Lama Kemacetan Maksimal Hanya 10 Menit Selama Libur Lebaran

Yosef Leon
Selasa, 16 April 2024 - 12:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Di Jogja, Lama Kemacetan Maksimal Hanya 10 Menit Selama Libur Lebaran Arus lalu lintas di Jalan Malioboro Jogja mulai padat. Dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polda DIY mengklaim meskipun jalanan Kota Jogja macet selama lebaran tetapi para pengendara tidak ada yang merasakan berhenti sampai 30 menit. Maksimal pengendara hanya merasakan kemacetan tiga sampai 10 menit saja di jalan raya.

Situasi jalanan Kota Jogja selama libur lebaran berlangsung memang terpantau padat. Selain di pusat kota seperti seputaran Malioboro dan Nol KM di sejumlah titik menuju objek wisata pantai dan kuliner favorit pun demikian padat. 

Advertisement

BACA JUGA: Harga BBM Pertamina Belum Terkerek Perang Iran-Israel, Kecuali Shell dan BP-AKR

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan, pihaknya belum menghitung berapa jumlah kendaraan yang masuk dan keluar ke wilayah setempat selama libur lebaran ini. Operasi Ketupat Progo 2024 baru akan berakhir nanti malam, sehingga perhitungan akan dilakukan besok. 

"Hari kedua dan ketiga lebaran memang sudah padat di Malioboro dan sejumlah objek wisata lain. Walaupun ramai sekali, sekian juta yang masuk mereka itu berhenti gak sampai 30 menit, maksimal tiga sampai 10 menit saja," katanya, Selasa (16/4/2024). 

Suwondo menyebut, hal itu dikarenakan rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh petugas di lapangan. Selain itu personel kepolisian dan petugas gabungan juga belajar dari pengalaman tahun sebelumnya sebagai evaluasi. Semua rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan dilakukan berdasarkan waktu, tempat dan kegiatan.

BACA JUGA: Siapkan Operasi Perisai Besi, Israel Bakal Serang Balik Iran

"Kami juga koordinasi dengan daerah lain, misalnya Magelang atau Klaten bagaimana kondisi di sana, maka kami menyesuaikan. Jadi ga satu metode untuk sekian hari," katanya. 

Suwondo menambahkan, kepadatan objek wisata pada lebaran tahun ini juga cukup merata dan tidak hanya berpusat di Kota Jogja saja. Wisatawan banyak juga yang berkunjung ke Gunungkidul, Kulonprogo, Kaliurang dan lain sebagainya. 

"Kepadatan lebaran tahun ini juga terasa di Gunungkidul yang lebih banyak tahun ini dibanding tahun sebelumnya. 71 wisata pantai kami pantau dan hari kemarin puncaknya di Kulonprogo justru terjadi di kawasan pantainya, memang cukup merata," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement