Advertisement

Rakernas IMA Jadi Momentum Perluasan Pasar UMKM Sleman

Sunartono
Sabtu, 20 April 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Rakernas IMA Jadi Momentum Perluasan Pasar UMKM Sleman Para pengurus IMA Chapter Sleman meninjau produk UMKM di Kantor Dekranasda Sleman, Sabtu (20/4/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Stakeholder UMKM di Sleman bertekad menjadi momentum Rakernas Indonesia Marketing Association (IMA) untuk memperluas pasar produk usaha mikro dari Bumi Sembada. IMA Chapter Sleman akan menjadi tuan rumah dalam gelaran Rakernas pada 2-4 Mei 2024 mendatang di Alana Hotel.

Pertemuan itu akan membahas perkembangan terkini berkaitan dengan pemasaran baik di level regional, nasional maupun internasional. Presiden IMA Chapter Sleman R. Haris Martapa mengatakan Rakernas IMA akan diikuti 350 peserta terdiri dari pengurus IMA chapter seluruh Indonesia dan pengurus IMA Pusat.

Advertisement

BACA JUGA : Dorong Inovasi UMKM, Dinkop UKM Sleman Selenggarakan Penghargaan Nata Sembada

Bersamaan dengan Rakernas IMA akan digelar pertemuan Asia Marketing Federation (AMF) dari berbagai IMA dari negara di wilayah Asia termasuk Indonesia. Delegasi AMF yang akan hadir antara lain Jepang, Tiongkok, Thailand, Bangladesh dan Korea Selatan dan masih banyak lagi sekitar 30 peserta.

"Karena IMA ini semangatnya adalah pemasaran UMKM. Maka kami di Sleman akan menjadikan momentum ini untuk memperlihatkan potensi UMKM, sekaligus menggali ilmu dari para profesional di bidang marketing. Harapannya bisa memperluas pasar UMKM Sleman," kata Haris yang juga Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Sleman, Sabtu (20/4/2024).

Jumlah UMKM di Sleman saat ini di angka 109.000. Perwakilan UMKM yang turut dalam Rakernas ini diharapkan bisa menjadi mentor untuk perluasan pasar ke depan. Pemasaran mendalam baik online maupun offline akan menjadi kepedulian semua profesional bidang pemasaran. Mengingat IMA sangat care terhadap UMKM, sehingga memiliki komitmen untuk peningkatan kualitas anggota yang sebagian besar merupakan pegiat UMKM.

"Dalam Rakernas ini kami memamerkan banyak produk UMKM Sleman yang saat ini sedang dalam proses kurasi. Mengingat yang hadir dari tidak hanya skala nasional tetapi internasional, maka kami mengupayakan produk yang cocok untuk mereka [peserta]," ujar Executive Vice President IMA Chapter Sleman Rr Mae Rusmi Suryaningsih sekaligus Kepala Disperindag Sleman.

Executive Vice President IMA Chapter Sleman Joko Paromo menambahkan, IMA merupakan organisasi profesi yang anggotanya dari berbagai kalangan mulai dari pemerintahan, pelaku usaha hingga akademisi. Pelaksanaan Rakernas di Sleman akan memiliki nilai lebih untuk branding produk UMKM di Sleman.

BACA JUGA : Lawson Gandeng Tujuh Produk UMKM Untuk Dipasarkan di Seluruh Gerai Sleman

"Branding produk khususnya di wilayah Sleman. Ke depan bisa membranding produk UMKM agar lebih menarik dan laku di pasaran, tidak hanya secara online namun juga offline," ujarnya.

Rencananya selain melakukan pertemuan, para peserta dari berbagai negara tersebut akan diajak melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi wisata menarik di wilayah Sleman. "Salah satunya di Kaliurang karena di sana banyak UMKM potensial yang nanti akan dikunjungi sebagai wisata edukasi," kata Ketua Panitia Rakernas Tina hastani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement