Advertisement

Danais Kembali Dikucurkan untuk Mendukung Program Becak Listrik di 2024

Media Digital
Rabu, 24 April 2024 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Danais Kembali Dikucurkan untuk Mendukung Program Becak Listrik di 2024 Seremonial penyerahan dan pelepasan becak listrik oleh Sekda DIY Beny Suharsono didampingi Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho kepada tiga koperasi di kompleks Kepatihan, Jumat (5/4/2024). Pengadaan becak listrik ini menggunakan Dana Keistimewaan DIY. - Harian Jogja/Yosef Leon.

Advertisement

JOGJA—Paniradya Keistimewan DIY memastikan Pemda DIY terus memberikan dukungan terhadap pengadaan becak listrik melalui Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Pada 2024, akan dikucurkan danais sebesar Rp2 miliar untuk pengadaan becak listrik.

Pemda DIY sebelumnya telah menyerahkan 50 unit becak kayuh bertenaga alternatif kepada tiga koperasi becak Malioboro menjelang libur Lebaran 2024. Pengadaan 50 unit becak tersebut menggunakan Dana Keistimewaan DIY.

Advertisement

Becak kayuh bertenaga listrik diharapkan menjadi sarana angkutan wisata ramah lingkungan yang beroperasi di kawasan Malioboro sebagai pusat aktivitas kawasan Sumbu Filosofi yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

"Untuk tahun 2024 ini akan dialokasikan lagi danais sekitar Rp2 miliar untuk pengadaan becak listrik. Kalau 2023 lalu sekitar Rp2,5 miliar itu pengadaan becak listrik sekaligus untuk kajian, trial and error, launching dan untuk cash," kata Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho, Rabu (24/4/2024).

Aris berharap becak listrik tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu para penerimanya harus menggunakan untuk beroperasi dan jangan sampai hanya disimpan begitu saja. Adapun danais Rp2 miliar di 2024 ini akan digunakan untuk pengadaan sekitar 50 unit becak listrik.

Pemda DIY sebenarnya bisa melakukan pengadaan lebih dari jumlah tersebut, akan tetapi sesuai koordinasi dengan Dinas Perhubungan prosesnya dilakukan secara bertahap sembari melakukan evaluasi.

"Jadi untuk tahun ini diadakan kembali becak listrik pakai danais sambil mengevaluasi yang sebelumnya sudah dihibahkan untuk tiga koperasi. Tahun ini disiapkan 50 becak dari proses pengadaan, ada pemeliharaan dan juga sewa gudang," ujarnya.

Penerapan Perda

Pengadaan becak kayuh bertenaga penguat atau becak listrik tersebut merupakan bagian dari penerapan Perda DIY Nomor 5 Tahun 2016 tentang Moda Transportasi Tradisional Becak dan Andong. Adanya sentuhan teknologi diharapkan becak kayuh sebagai salah satu ikon kendaraan tradisional di DIY tetap dapat dilestarikan sekaligus untuk mendukung kawasan Sumbu Filosofi.

Salah satu penerima hibah becak listrik Petrus, 46, telah menggunakan fasilitas tersebut untuk beroperasi di kawasan Malioboro. Pria yang biasa mangkal di Ketandan ini mengapresiasi program Pemda DIY menggunakan danais yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sebelumnya ia menarik becak motor untuk mencari nafkah, karena tertarik dengan program becak listrik, ia pun beralih menarik becak dengan transportasi tersebut. Menurutnya sejak libur Lebaran ia sudah menggunakan becak listrik tersebut dan wisatawan banyak yang menyukai.

"Program becak listrik yang didanai dengan danais ini bagus dan ramah lingkungan. Ini juga bisa mengurangi kendaraan karena Malioboro akan menjadi kawasan pedestrian. Wisatawan responsnya bagus dengan becak listrik, mungkin karena tidak terlalu berisik," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Usul Pembentukan Presidential Club, PKS Mendukung Penuh

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement