Advertisement

Kolaborasi Riset Kewirausahaan UMBY dan UMK Malaysia Libatkan UMKM hingga Usaha Mahasiswa

Newswire
Minggu, 12 Mei 2024 - 14:57 WIB
Sunartono
Kolaborasi Riset Kewirausahaan UMBY dan UMK Malaysia Libatkan UMKM hingga Usaha Mahasiswa Kegiatan seminar kolaborasi riset bidang kewirausahaan. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kolaborasi riset antarperguruan tinggi menjadi hal yang wajar di era saat ini. Antarkampus bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuian untuk mengembangkan suatu bidang keilmuan agar memberikan manfaat bagi masyarakat.

Unviersitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan joint research bidang entrepreneurship atau kewirausahaan bersama Universiti Malaysia Kelantan (UMK) Malaysia. Terbaru kedua kampus ini menggelar kegiatan joint research seminardi Ruang Seminar Gedung Rektorat UMBY pada Kamis (2/5/2024).

Advertisement

Sejumlah narasumber yang dihadirkan antara Profesor Alimatus Sahrah membahas tentang nilai-nilai kewirausahaan dan kesejahteraan dan Profesor Roselina dari Malaysia memaparkan materi pengaruh sikap, norma subjektif dan kesadaran kewirausahaan sosial terhadap niat kewirausahaan sosial di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Malaysia.

"Joint research seminar dan visiting profesor ini diikuti lebih dari 200 mahasiswa dengan. Kolaborasi riset tentang kewirausahaan ini sebagai komitmen kami menjadi universitas unggul di bidang sociopreneur di tingkat nasional yang berwawasan intemasional pada tahun 2029," kata Ketua Panitia Awan Santosa.

Ia menambahkan kolaborasi riset ini akan mengembangkan bidang entrepreneurship dan pemberdayaan di Indonesia dan Malaysia. Dalam kegiatan tersebut menggandeng UMKM, koperasi, dan mahasiswa yang telah memiliki usaha. "Pelaku UMKM dan usaha mahasiswa dilibatkan dengan harapan agar usaha mereka bisa didampingiagar mampu berkembang lebih besar dan bermanfaat bagi sekitar," katanya.

Kegiatan lanjutan dari kolaborasi ini akan digelar secara mobile dan daring. Selain itu akan dilakukan pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, dosen tamu hingga KKN internasional antarkedua kampus. "Sehingga kedua kampus bisa saling melengkapi," katanya.

Guru Besar UMK Malaysia Profesor Roselina mengatakan UMK sendiri merupakan perguruan tinggi negeri satu-satunya di Malaysia yang memiliki fokus pada entrepreneurship. Ia berharap UMBY ke depan membuka program Magister Kewirausahaan karena menjadi peluang untuk menelurkan wirausahawan untuk Indonesia yang lebih maju. "Sehingga ke depan mampu menelurkan wirausahawan yang berkompeten," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Topan Super Yagi di China, Dilaporkan 3 Tewas, 95 Terluka dan 1,2 Juta Warga Terjebak di Zona Bencana

News
| Minggu, 08 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement