Advertisement

Larangan Kegiatan Study Tour Sudah Berdampak ke Wisata Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 19 Mei 2024 - 15:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Larangan Kegiatan Study Tour Sudah Berdampak ke Wisata Gunungkidul Jungwok Blue Ocean, beach club pertama di Kabupaten Gunungkidul. / Instagram jungwokblueocean

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Larangan study tour atau outing class di sejumlah daerah sudah berdampak ke wisata gunungkidul. Larangan tersebut merupakan buntut dari kecelakaan lalu lintas bus pariwisata yang mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana, Depok, Jawa Barat sepekan lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Sunyoto mengatakan bahwa ada anggota PHRI yang terdampak atas pelarangan tersebut. “Informasi yang saya dapat, ada [usaha] teman yang dicancel [oleh wisatawan],” kata Sunyoto dihubungi, Sabtu (18/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Gibran Tidak Setuju Adanya Larangan Study Tour

Adapun DIY termasuk di dalamnya Kabupaten Gunungkidul menjadi pusat kunjungan studi tour pelajar seluruh Indonesia. Jogja sebagai kota budaya dan pelajar menjadi daya tarik yang layak menjadi studi banding.

Padahal, pelajar luar daerah dapat belajar dari potensi lokal seperti mengolah komoditas ikan menjadi produk siap saji dan singkong menjadi tiwul.

“Keputusan pelarangan studi tour tidak bijak dan konyol. Hanya melihat satu sisi saja. Itu sangat merugikan berbagai pihak,” katanya.

Menurut Sunyoto, apabila melihat pada situasi yang sebenarnya, satuan pendidikan atau pemangku kepentingan justru harus selektif dan menertibkan perusahaan otobus (PO). PO perlu secara rutin melakukan KIR kendaraan. Biro perjalanan dan panitia pun perlu diberikan edukasi dan sosialisasi.

“Padahal bukan hanya tingkat hunian hotel yang terdampak, tapi juga rumah makan, tukang parkir, pedagang asongan,” ucapnya.

BACA JUGA: PHRI DIY Khawatirkan Dampak Larangan Study Tour

Pakar Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada (UGM), Agustinus Subarsono mengaku bahwa kebijakan pelarangan studi tour di sejumlah daerah kurang tepat. Menurut dia, upaya meminimalkan kecelakaan lalu lintas justru dapat menggunakan standar operasional prosedur (SOP) relevan.

“Misal ada patokan tahun kendaraan yang akan digunakan, mungkin bisa maksimum usia kendaran lima tahun. Lalu, jumlah maksimum penumpang, perlu cek kevalidan surat KIR kendaraan juga,” kata Subarsono.

Selain SOP, Subarsono menyarankan agar ada perbaikan jalan rusak. Hal ini menjadi salah satu faktor penentu keselamatan. Pembangunan jalan baru pun harus memenuhi syarat seperti lebar jalan dan derajat kemiringan ketika jalan menanjak.

Konstruksi jalan, katanya, juga harus tepat. Dia memberi contoh dengan penggunaan aspal dapat dilakukan untuk tanah yang stabil. Sebaliknya, tanah labil dapat disiasati dengan menggunakan cor atau beton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement