Advertisement

Ini Dia yang Jadi Potensi Kerawanan Pilkada di Jogja

Alfi Annisa Karin
Kamis, 23 Mei 2024 - 14:17 WIB
Arief Junianto
Ini Dia yang Jadi Potensi Kerawanan Pilkada di Jogja Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryo Samudro. - Harian Jogja/Alfi Annisa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU Kota Jogja mulai mengambil ancang-ancang mitigasi kerawanan selama proses Pilkada Kota Jogja mendatang. 

Ketua KPU Kota Jogja Noor Harsya Aryo Samudro menyebut, pemetaan kerawanan pada pilkada dimungkinkan terjadi karena beberapa sebab. Misalnya, karena persoalan kandidasi atau kandidat dari masing-masing parpol. Lalu, kerawanan juga bisa terjadi lantaran angka partisipasi pada Pilkada tak setinggi Pilpres. "Dimensi pemilih itu kerawanannya. Angka partisipasinya pilkada tidak setinggi pilpres, 77 persen pada 2017," ujar Harsya saat ditemui, Kamis (23/5/2024).

Advertisement

Di sisi lain, tahapan kampanye juga menjadi bibit kerawanan atau rawan gesekan pada Pilkada di Kota Jogja. Gangguan ketentraman dan ketertiban dikhawatirkan terjadi. Untuk itu, Harsya mendorong para peserta Pilkada untuk tak melaksanakan kampanye terbuka.

Kampanye, lanjutnya, dilakukan dengan menonjolkan programatik, dialog, hingga door to door. Harya menambahkan, tahapan pungut hitung hingga rekapitulasi juga turut menjadi potensi kerawanan. "Pada 2017 kami punya pengalaman rekapitulasi yang sedikit bergejolak. Karena pertama, surat suara tidak sahnya tinggi 14.000, selisihnya cuma 1.000. Kemudian yang kerawanan rekapitulasi kecamatan yang terakhir-terakhit itulah potensi gangguan keamanannya tinggi," jelasnya.

BACA JUGA: KPU Jogja Koordinasi dengan Disdukcapil untuk Susun Data Pemilih Pilkada 2024

KPU Kota Jogja hingga kini masih merumuskan target jumlah pemilih pada Pilkada mendatang. Sementara pada Pilkada terakhir jumlah pemilih mencapai 77%. Harsya optimistis angka itu bisa terlampaui. Pihaknya akan fokus pada kaum marjinal dan minoritas. Sebab, menurutnya keduanya kurang tersentuh informasi terkait Pilkada. "Kami harus punya mitigasi dan kolaborasi dengan seluruh stake holder untuk mengurangi angka kerawanan yang tinggi itu menjadi kita turunkan pelan-pelan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bahas Keamanan Timur Tengah, Menhan Israel Segera ke Pentagon

News
| Minggu, 16 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement