Advertisement

PENGELOLAAN LINGKUNGAN: Ekonomi Hijau Solusi Peningkatan Kesejahteraan

Media Digital
Selasa, 28 Mei 2024 - 23:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENGELOLAAN LINGKUNGAN: Ekonomi Hijau Solusi Peningkatan Kesejahteraan Bedah buku berjudul Konsep Ekonomi Hijau dalam Perspektif Keistimewaan DIY di Joglo Nangsri, Srihardono, Pundong, Bantul, Selasa (28/5/2024). Stefani Yulindriani - Harian jogja

Advertisement

BANTUL—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama DPRD DIY menggelar bedah buku berjudul Konsep Ekonomi Hijau dalam Perspektif Keistimewaan DIY di Joglo Nangsri, Srihardono, Pundong, Bantul, Selasa (28/5/2024).

Anggota DPRD DIY, Aslam Ridho, mengatakan melalui bedah buku tersebut, pihaknya berupaya menyosialisasikan konsep ekonomi hijau yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia berharap sumber daya alam yang ada di DIY dijaga keberlanjutannya sehingga dapat dinikmati dari generasi ke generasi.

Advertisement

Hal itu menurutnya selaras dengan konsep hamemayu hayuning bawana. Menurutnya, ekonomi hijau bukan sekadar konsep, melainkan panggilan untuk menjaga harmoni antara pertumbuhan ekonomi dan keberlangsungan lingkungan. DIY dengan kekayaan budaya dan alam memiliki peran khusus dalam mewujudkan visi ekonomi yang berkelanjutan.

“Buku ini bukan hanya mencermati teori dan konsep yang bersinggungan dengan ekonomi hijau, namun juga menyajikan pengetahuan yang relevan dengan konteks DIY,” kata Aslam yang juga menjadi penulis buku tersebut.

Melalui bedah buku, DPRD DIY juga berupaya meningkatkan minat baca masyarakat DIY. Buku Konsep Ekonomi Hijau dalam Perspektif Keistimewaan DIY hadir sebagai upaya untuk menggali, mengurai, dan menyajikan konsep ekonomi hijau dalam perspektif keistimewaan DIY. “Buku tersebut memadukan pemahaman mendalam mengenai filosofi lokal dengan isu ekonomi global yang mendesak untuk dipecahkan,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sistem Kearsipan DPAD DIY, Wardoyo, berharap melalui bedah buku tersebut, masyarakat dapat memahami gagasan ekonomi hijau untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial dan lingkungan. Wardoyo mengatakan saat ini masyarakat banyak terbuai dengan arus digitalisasi. Akibatnya, minat baca masyarakat berkurang. “Dengan ini, kami mendorong masyarakat di setiap keluarga meningkatkan budaya gemar membaca. Karena ilmu pengetahuan yang dibaca melalui buku akan memberikan dampak positif kepada pembaca,” katanya.

Buku Konsep Ekonomi Hijau dalam Perspektif Keistimewaan DIY karya Aslam Ridho dan Dwinanta Nugroho berisi enam bab yang membahas persepsi dasar konsep ekonomi hijau dalam perspektif keistimewaan DIY, pemahaman filosofi hamemayu hayuning bawana, dan valuasi jasa lingkungan di DIY. Buku tersebut juga membahas konsep ekonomi hijau di DIY yang ditinjau dari berbagai teori, serta studi komparatif ekonomi hijau. Buku tersebut juga dilengkapi dengan aktualisasi konsep ekonomi hijau dalam produk hukum dan kebijakan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement