Advertisement

Gugatan MK Ditolak, KPU Kulonprogo Segera Tentukan Kursi DPRD

Triyo Handoko
Selasa, 11 Juni 2024 - 14:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gugatan MK Ditolak, KPU Kulonprogo Segera Tentukan Kursi DPRD Ilustrasi perhitungan suara Pemilu DPRD Kulonprogo 2024. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—KPU Kulonprogo segera menetapkan perolehan kursi lengkap dengan nama calon legislatif yang bakal duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Kulonprogo periode 2024-2029. Rapat pleno penentuan segera digelar menyusul adanya keputusan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Partai Nasdem atas perolehan suaranya di Dapil 5 Kulonprogo.

Ketua KPU Kulonprogo, Budi Priyana, menjelaskan gugatan yang diajukan Partai Nasdem ditolak secara seluruhnya oleh MK. Salinan putusan itu selanjutnya menjadi dasar untuk menentukan perolehan kursi dan calon legislatif terpilih di DPRD Kulonprogo. Namun, surat salinan putusan itu hingga kini belum dikirim KPU RI. "Jika KPU RI sudah mengirimkan salinan putusan, maka kami mendapatkan salinan itu. Setelah menerima salinan, paling lama tiga hari kami harus menggelar rapat pleno," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2024).

Advertisement

Budi menerangkan putusan MK untuk menolak gugatan itu disampaikan pada Senin (10/6/2024). Gugatan itu memperkarakan selisih perhitungan hasil suara di salah satu TPS di Kapanewon Lendah yang dianggap merugikan Partai Nasdem.

Baca Juga

Penetapan Anggota DPRD Kulonprogo Terpilih Ditunda, Sengketa di MK Jadi Penyebabnya

Antisipasi Masalah Sampah, DPRD Kulonprogo Siapkan Raperda Pengelolaan Sampah

DPRD Kulonprogo Rayakan HUT ke-71 dengan Anjangsana dan Ziarah

Sementara itu Ketua DPD Nasdem Kulonprogo, Latnyana menyebut tak ada pilihan lain selain menerima putusan MK tersebut. Ia menyebut dengan ditolaknya gugatan partainya maka perolehan kursi Nasdem di DPRD Kulonprogo hanya untuk satu orang.

Jika gugatan itu diterima, jelas Latnyana, Nasdem akan mendapat dua kursi DPRD Kulonprogo. "Padahal kami sudah berusaha menguatkan gugatan, beragam saksi termasuk dari partai lain juga ikut hadir ke sidang MK untuk menguatkan gugatan itu," paparnya.

Penolakan atas gugatan itu, menurut Latnyana, bagian dari dinamika demokrasi. "Kami terima saja keputusan itu karena sifatnya memang sudah final, kini kami fokus ke Pilkada saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UMKM Daerah Mitra Kota Nusantara Difasilitasi Pinjaman Tanpa Agunan

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement