Advertisement

Kanwil Kemenkumham DIY Mendorong Pelaku Usaha Meningkatkan Perlindungan Desain Industrinya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 21 Juni 2024 - 16:57 WIB
Maya Herawati
Kanwil Kemenkumham DIY Mendorong Pelaku Usaha Meningkatkan Perlindungan Desain Industrinya UMKM - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DIY terus berupaya meningkatkan pendaftaran perlindungan kekayaan intelektual desain industri bagi pelaku usaha desain industri di DIY.

Kanwil Kemenkumham DIY mencatat total perlindungan kekayaan intelektual pada Januari-Juni 2024 mencapai 4.288. Dari jumlah tersebut, terdapat pendaftaran desain industri mencapai 55. Saat ini meski baru memasuki pertengahan 2024, namun jumlah pendaftarannya telah menyamai keseluruhan pendaftaran desain industri tahun lalu.

Advertisement

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto menyampaikan bahwa jajarannya akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan pendaftaran perlindungan desain industri ini.

“Targetnya adalah selalu lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kami terus jalan mengadakan berbagai forum sharing dan diskusi kepada para pelaku usaha agar dapat mendaftarkan perlindungan kekayaan intelektualnya,” ujarnya, Kamis (21/6/2024).

BACA JUGA: Anies Baswedan Isyaratkan Akan Bertemu Prabowo Subianto

Dia menilai DIY merupakan wilayah yang kaya dengan potensi kekayaan intelektual. Berbagai kerajinan ada di setiap kabupaten/kota. Karena itu menurutnya, hal itu menjadi sasaran untuk diberikan pemahaman tentang pentingnya perlindungan kekayaan intelektual.

“Pendaftaran terhadap kekayaan intelektual ini akan menimbulkan hak eksklusif terhadap suatu produk yang tidak dapat sembarangan ditiru pihak lain. Tentu tidak ada kan yang mau produk usahanya ditiru yang bisa membuat penurunan omzet,” ujarnya.

Setidaknya pendaftaran kekayaan intelektual akan memberikan dampak legalitas dan ekonomi yang besar. Para pelaku usaha dapat fokus mengembangkan inovasi produknya tanpa takut ada pihak lain yang akan melakukan perbuatan menjiplak untuk mencari keuntungan pribadi.

Dia menuturkan Kanwil Kemenkumham DIY akan terus melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi, serta beberapa stakeholder terkait untuk mengembangkan potensi desain industri di wilayah DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gaji Pokok Tidak Naik 12 Tahun, Mulai 7 Oktober Solidaritas Hakim se-Indonesia Mogok Sidang

News
| Sabtu, 28 September 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement