Advertisement

Kawan Lama Group Gelar Donor Darah di 72 Kota dan Kabupaten

Media Digital
Minggu, 23 Juni 2024 - 16:17 WIB
Sunartono
Kawan Lama Group Gelar Donor Darah di 72 Kota dan Kabupaten Suasana acara donor darah dari Kawan Lama Group di ACE Store Urip Sumoharjo, Jogja, Minggu (23/6/2024). Harian Jogja - Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Kawan Lama Group menggelar donor darah serentak di 72 kota dan kabupaten di Indonesia. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), kelompok unit usaha ini menyemarakkan peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada bulan Juni 2024. Donor darah dari Kawan Lama Group tersebar dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Barat, sampai Jawa.

Vice President of Corporate Affairs, Communications, and Sustainability Kawan Lama Group, Melinda Pudjo, mengatakan sejak 2015, Kawan Lama Group rutin menggelar donor darah secara nasional setiap tahunnya. Hingga akhir tahun lalu, telah terkumpul lebih dari 25.000 kantong darah dari agenda ini.

Advertisement

“Tahun ini kami menargetkan kegiatan donor darah di 72 kota dan kabupaten, lebih dari dua kali lipat dari jumlah kota dan kabupaten yang berhasil direalisasikan tahun lalu. Harapannya, dengan bertambahnya jumlah kota ini, semakin banyak kantong darah yang terkumpul, dan akhirnya semakin banyak penerima donor yang bisa merasakan manfaatnya,” kata Melinda, Minggu (23/6/2024).

Di Jogja, donor darah berlangsung di ACE Hardware Urip Sumoharjo, Jogja, Minggu (23/6/2024). Store Manager ACE Hardware Urip Sumoharjo, Handy Harjo, mengatakan serangkaian donor darah berlangsung beberapa kali. Bulan sebelumnya, donor darah berlangsung di ACE Hardware Ambarukmo Plaza dan Jogja City Mal. Bulan depan akan berlangsung di ACE Hardware Cokroaminoto.

“Target dalam setiap acara donor darah sebanyak 60 kantong, semoga bisa terpenuhi. Sampai pukul 10.30 WIB, sudah 40 orang yang mendaftar donor darah di ACE Hardware Urip Sumoharjo. Peserta sebagian karyawan dan konsumen juga, kami infokan pada para member ACE Hardware,” kata Handy.

Selain masyarakat yang bisa mendatangi kantor PMI, menggelar acara di berbagai titik di Jogja sebagai cara mendekatkan pendonor yang hendak menyumbangkan darahnya atau dengan jemput bola. Handy mengatakan kebutuhan darah di masyarakat cukup besar. Sehingga perlu dukungan semua pihak agar stok darah di PMI bisa tercukupi, termasuk untuk area Jogja.

“Harapannya donor darah ini bisa rutin berlangsung dan konsisten. Agar bisa membantu sesama dan mencukupi stok darah nasional maupun daerah,” katanya.

Salah satu peserta donor darah di Jogja, Risang Cahyo Daru, mengatakan rutin dua bulan sekali mendonorkan darahnya. Acara di ACE Hardware Urip Sumoharjo merupakan donor darah ke-76 baginya. Tempat kerja Cahyo kebetulan dekat dan beberapa kali juga berbelanja di ACE Hardware Urip Sumoharjo.

“Jadi sekalian jalan-jalan,” kata Cahyo yang saat ini berusia 53 tahun.

“Setelah donor senang aja, mungkin karena seneng itu jadi berdampak baik pada tubuh. Daya tahan tubuh juga seakan menjadi lebih baik,” tambah laki-laki asal Kalasan, Sleman, tersebut.

Cahyo dan peserta donor darah lain menjadi bagian masyarakat yang berupaya menambal kebutuhan stok darah di PMI. Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, Linda Lukitasari Waseso, mengatakan dengan penduduk yang mencapai lebih dari 280 juta jiwa, Indonesia membutuhkan setidaknya 5,6 juta kantong darah setiap tahunnya.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, PMI tidak bisa bekerja sendiri. “Kami membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk Kawan Lama Group. Karena itu kami sangat mengapresiasi inisiatif donor darah nasional yang telah dilakukan Kawan Lama Group sejak tahun 2015 lalu. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KA Gajayana Tabrak Mobil Pikap di Nganjuk, Sejumlah Jadwal Perjalanan Kereta Alami Gangguan

News
| Sabtu, 28 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement