Advertisement

4 Kamar Rusunawa Cokrodirjan Kota Jogja Hangus Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

Alfi Annisa Karin
Selasa, 02 Juli 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
4 Kamar Rusunawa Cokrodirjan Kota Jogja Hangus Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya Proses asesmen oleh petugas Damkarmat usai terjadinya kebakaran di Rusunawa Cokrodirjan, Selasa dini hari (2/7/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, DANUREJAN—Rusunawa Cokrodirjan mengalami kebakaran, Selasa dini hari (2/7). Kebakaran terjadi pada lantai paling atas, tepatnya pada kamar 9, 10, 11, dan 12.

Pantauan Harianjogja.com pada Selasa siang, petugas pemadan kebakaran dan inavis tengah melakukan asesmen untuk melakukan investigasi lebih mendalam. Tak ada korban jiwa, tapi keempat kamar rusunawa itu sudah dalam kondisi hangus terbakar.

Advertisement

BACA JUGA : Kebakaran Terjadi di Rusunawa Cokrodirjan Kota Jogja, Begini Kondisinya

Kasi Operasional Pengendalian dan Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja Mahargyo menuturkan pihaknya menerima informasi pada pukul 3.45 WIB. Selang 10 menit, petugas damkar tiba. Sesampainya di lokasi api sudah dalam posisi besar. Terlebih, kondisi rusun yang saling berdekatan menjadikan api semakin mudah menjalar. Api disinyalir muncul dari kamar nomor 11. Kamar itu berpenghuni, tapi saat kejadian penghuni sedang tak ada di kamarnya.

"Warga berdatangan melaksanakan pemadaman. Yang terbakar perabot yang ada di kamar, peralatan seperti kasur, tidak ada korban jiwa," ujarnya saat ditemui di Rusunawa Cokrodirjan, Selasa (2/7/2024).

Mahargyo menyebut kebakaran diduga disebabkan oleh konlseting rol kabel di kamar nomor 11. Saat dilakukan pengecekan, rusunawa tak dilengkapi dengan alarm kebakaran. Hanya ada alarm kebakaran manual dan hidran kering. Saat kejadian, hidran sempat dicoba untuk digunakan.

"Tapi listriknya mengkhawatirkan, jadi dimatikan," ujarnya.

Kepala UPT Pengelolaan Rusunawa DPUPKP Kota Jogja Kuswarjanta Adi Nugraha menuturkan hidran tengah dalam kondisi perbaikan, tapi sebenarnya bisa digunakan. Di sisi lain, saat hidran digunakan justru terjadi konsleting, sehingga hidran batal digunakan untuk memadamkan api. Adi belum mendapati berapa total kerugian yang terjadi.

"Tapi kalau bangunan sekitar Rp 200 juta, bisa lebih bisa kurang," kata Adi.

BACA JUGA : Kios Pasar Tegalgede Karanganyar Terbakar

Adi menuturkan dari 4 kamar itu setidaknya ada 10 orang penghuni. Penghuni kamar mengungsi ke kerabat yang tinggal di sekitar rusunawa untuk terdekat sementara waktu. Adi memastikan, pihaknya kerap melakukan imbauan kepada warga rusunawa untuk senantiasa memperhatikan penggunaan listrik atau kabel rol di dalam rusun.

"Kami ada grup WA ada imbauan. Sekarang masalah sampah juga untuk memilah. Jadi, di grup. Tidak dalam pertemuan formal," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPU Menolak Minta Maaf Terkait Kasus Asusila Hasyim Asy'ari, Ini Alasannya

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement