Advertisement

Nekat Tangkap Benur di Pantai Congot, Dua Nelayan Ditangkap

Triyo Handoko
Selasa, 09 Juli 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Nekat Tangkap Benur di Pantai Congot, Dua Nelayan Ditangkap Perahu yang digunakan dua nelayan asal Sukabumi, Jawa Barat untuk menangkap Benur di area Pantai Congot, Kulonprogo disita petugas gabungan pada Selasa (9/7/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dua nelayan dari Sukabumi, Jawa Barat ditangkap karena menangkap benih lobster (benur) di area Pantai Congot, Selasa (9/7/2024).

Sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP)No.7/2024 tentang Pengelolaan Lobster dinyatakan bahwa Benur hanya boleh ditangkap oleh nelayan setempat.

Advertisement

Penangkapan kedua nelayan itu awalnya dilakukan oleh kelompok masyarakat (pokmas) Pantai Congot pada Selasa sekitar pukul 05.00 WIB pagi. Total terdapat empat perahu yang menangkap benur di area Pantai Congot yang sudah diawasi pokmas tersebut. Pokmas Pantai Congot lalu menghubungi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo dan Pos TNI AL Congot.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Kulonprogo, Wakhid Purwosubiyantoro menjelaskan dua nelayan yang tertangkap itu dalam satu perahu yang sama.

Perahu yang ditumpangi dua nelayan itu kehabisan bahan bakar, sehingga saat ditangkap tidak dapat kabur. "Sedangkan nelayan di tiga perahu lain yang menangkap Benur ini kabur," jelasnya.

Tindakan dua nelayan yang tertangkap ini, jelas Wakhid, termasuk illegal fishing. Dalam Peraturan MKP No.7/2024 dinyatakan dalam sebuah perairan dengan potensi lobsternya, penangkapan benur hanya boleh dilakukan oleh nelayan setempat.

Penangkapan benur oleh nelayan luar DIY di Kulonprogo, jelas Wakhid, marak sejak sebulan terakhir. "Karena maraknya penangkapan masih dalam pendalaman, tapi yang jelas sudah marak sejak sebulan terakhir dimana juga terjadi di Bantul dan Gunungkidul," ujar dia.

Maraknya illegal fishing benur di DIY, jelas Wakhid, perlu disikapi dan ditindaklanjuti bersama dengan instansi lain dan kabupaten lain agar tidak terulang. "Kami akan koordinasikan dengan DKP DIY dan Polairud [Polda DIY]," tegasnya.

Sementara itu anggota Pos TNI AL Congot, Peltu Supama menyebut dua nelayan tersebut adalah DD, 42 dan GD, 37. Mereka mengaku nelayan dari Cilacap yang biasanya melaut di Pacitan.

BACA JUGA: Harga Benur Anjlok, Pemkab Gunungkidul Beberkan Penyebabnya

Supama menerangkan dari dua nelayan ini ditemukan 96 ekor benur dengan taksiran nilai total mencapai Rp2 jutaan. "Benur ini sudah kami amankan," katanya.

Aktivitas penangkapan Benur dua nelayan ini, jelas Supama, sudah berlangsung sejak Senin (8/7/2024) kemarin. "Berdasarkan pengamatan Pokmas Pantai Congot sudah menangkap Benur sejak Senin, lalu terus diamati hingga Selasa pagi tadi dan ditangkap," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement