Advertisement

Seragam Pelantikan Anggota DPRD Sleman Dijatah Rp3,4 Juta Per Orang

David Kurniawan
Senin, 22 Juli 2024 - 14:37 WIB
Sunartono
Seragam Pelantikan Anggota DPRD Sleman Dijatah Rp3,4 Juta Per Orang Ilustrasi DPRD

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kesekretarian DPRD Sleman mengalokasikan anggaran Rp170 juta untuk seragam pelantikan anggota DPRD periode 2024-2029. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan 12 Agustus 2024.

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga, Bagian Umum, Kesekretariatan DPRD Sleman, Nardi mengatakan, persiapan pelantikan anggota dewan periode 2024-2029 terus dilakukan. Salah satunya dengan menyiapkan pemberian seragam baru untuk pelantikan.

Advertisement

BACA JUGA : Bupati Sleman Telah Usulkan Pelantikan Anggota DPRD Ke Gubernur DIY

“Pakaian yang disediakan berjenis Pakaian Sipil Lengkap [PSL]. Ini nantinya juga menjadi pakaian resmi anggota dewan selama bertugas,” kata Nardi saat ditemui di Kesekretariatan DPRD Sleman, Senin (22/7/2024).

Menurut dia, seragam PSL akan diberikan kepada 50 anggota dewan terpilih. Hanya saja, ia mengakui saat pelantikan, PSL berupa pakain jas lengkap hanya dipergunakan bagi anggota dewan laki-laki. “Untuk dewan Perempuan menggunakan kebaya nasional yang disesuaikan dengan ketentuan berlaku. Tapi, seragam PSL tetap diberikan karena jadi bagian fasilitasi untuk pakaian dinas,” katanya.

Nardi manambahkan, pengadaan bahan untuk seragam PSL sudah selesai. Adapun seluruh calon anggota dewan terpilih juga sudah mengambil bahan tersebut untuk dijahit secara mandiri.

“Bahan yang diberikan sepanjang empat meter untuk membuat seragam PSL. Pembuatannya diserahkan ke masing-masing individu sesuai dengan kesuakaannya di tempat jahit mana saja,” katanya.

Disinggung mengenai anggaran, pengadaan seragam itu dianggarkan sebesar Rp170 juta. Rinciannya, masing-masing calon dewan terpilih mendapatkan alokasi sebesar 3,4 juta per orang.

“Untuk seragamnya yang mengadakan kesekretariatan dengan anggaran 120 juta. Sedangkan sisanya Rp1 juta untuk biaya penjahitan,” katanya.

Dia menambahkan, selain seragam PSL, anggota dewan terpilih juga mendapatkan hak untuk pakaian sipil harian (PSH) dan Pakain Sipil Resmi. Hanya saja, Nardi mengakui untuk dua seragam ini, kemungkinan baru dilakukan pengadaan di tahun depan. “Anggaran untuk sekarang hanya ada pengadaan seragam PSL,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Setda Sleman, Suparmono memastikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo telah berkirim surat ke Gubernur DIY untuk pelantikan Anggota DPRD Sleman 2024-2029. Surat ini dikirimkan pada Kamis (18/7/2024) lalu.

“Persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap sehingga langsung dikirim surat ke Gubernur untuk prosesi pelantikan,” kata Pram, sapaan akrabnya, Sabtu (20/7/2024).

Menurut dia, surat yang dikirim tidak hanya berisi tentang pelantikan, tapi juga permohonan untuk pemberhentian pimpinan dan anggota DPRD yang lama. “Jadi ada tiga surat. Satu untuk pelantikan dewan baru, sedangkan duanya berkaitan dengan pemberhentian pimpinan dan anggota dewan yang lama,” katanya.

BACA JUGA : Bulan Depan Dipakai Pelantikan Anggota Dewan, Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Dikebut

Rencananya pelantikan anggota dewan baru dilaksankaan pada 12 Agustus 2024. Untuk kelancaran prosesi, pihak bagian pemerintahan akan berkoordinasi dengan Kesekretariatan DPRD. “Jadinya semua persyaratan sudah beres dan tinggal persiapan untuk proses pelantikan. Mudah-mudahan semua lancar,” kata Pram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement