Advertisement

Bangun Gedung Baru Kejari, Pemkab Kulonprogo Siapkan APBD Rp4 Miliar

Triyo Handoko
Jum'at, 26 Juli 2024 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Bangun Gedung Baru Kejari, Pemkab Kulonprogo Siapkan APBD Rp4 Miliar Ilustrasi pembangunan gedung baru Kejari Kulonprogo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulonprogo bakal punya gedung baru yang dibangun oleh Pemkab pada tahun ini. Lokasi gedung baru Kejari Kulonprogo rencananya akan ditempatkan di barat Alun-alun Wates. Adapun, saat ini, Kejari Kulonprogo berada di Jl. Sugimin, Kapanewon Pengasih.

Pembangunan gedung baru Kejari Kulonprogo ini menggunakan APBD 2024 sebesar Rp4 miliar.

Advertisement

Pelaksana pembangunannya adalah Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) yang kini proyek tersebut tengah masuk masa lelang.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPKP Kulonprogo, Yuniar Wibowo menjelaskan pembangunan gedung baru ini peruntukannya untuk gudang barang bukti perkara yang ditangani Kejari. "Anggaran pagunya sebesar Rp4 miliar dari APBD Kulonprogo, lalu harga perkiraan sendiri [HPS] proyek ini sekitar Rp3,8 miliar," ujar dia, Jumat (26/7/2024).

BACA JUGA: Terdampak Dua Proyek Strategis, Puluhan Rumah di Selatan Kulonprogo Dirobohkan

Gedung baru Kejari yang akan dibangun DPUPKP Kulonprogo ini, jelas Yuniar, berada di atas lahan yang dimiliki institusi penegak hukum itu sendiri. "Kalau tanahnya milik Kejari Kulonprogo sendiri, akan kami bangun segera setelah lelang rampung dan ditentukan pelaksananya," ungkapnya.

Proyek pembangunan gedung penampungan bukti perkara Kejari Kulonprogo ini, lanjut Yuniar, dibangun pada tahun ini. "Sebagai pelaksana yang kewenangannya mengerjakan arahan dari Pemkab yang sudah dianggarkan dari APBD 2024 ini maka pembangunannya di tahun ini juga," jelasnya.

Yuniar menjelaskan lahan yang akan dibangun gudang barang bukti itu seluas 700 meter, sedangkan luas bangunanya akan menyesuikan nantinya. Perencanaan yang dilakukan DPUPKP Kulonprogo dalam proyek ini akan dibangun gedung dengan dua lantai," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lima Anggota BPK Resmi Dilantik, Ini Daftar Namanya

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement