Advertisement

Antisipasi Gangguan Pilkada 2024, Polresta Jogja Gelar Simulasi

Yosef Leon
Kamis, 22 Agustus 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Antisipasi Gangguan Pilkada 2024, Polresta Jogja Gelar Simulasi Suasana Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja Progo 2024 di halaman Stadion Mandala Krida, Kamis (22/8/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polresta Jogja menggelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja Progo 2024 di halaman Stadion Mandala Krida dengan melibatkan 890 personel gabungan dari berbagai pihak terkait, termasuk Pemkot Jogja dan Kodim 0734/Kota Jogja, Kamis (22/8/2024).  

Kegiatan ini bertujuan mengantisipasi gelaran Pilkada yang seringkali berpotensi diwarnai oleh berbagai potensi gangguan keamanan.

Advertisement

Selain itu juga untuk melatih kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada 2024. 

Salah satu skenario yang disimulasikan adalah penanganan bentrokan antar-pendukung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja.

Wakapolresta Jogja, AKBP Rudi Setiawan mengungkapkan bahwa latihan ini merupakan langkah proaktif untuk mengantisipasi situasi yang tidak diinginkan. "Kami ingin memastikan bahwa seluruh personel siap menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi selama Pilkada," ujarnya.

Dalam simulasi ini, seluruh tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga pelaksanaan pemungutan suara dilatihkan secara intensif.

Tujuannya adalah agar personel dapat bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi berbagai situasi darurat. "Kami telah memetakan potensi kerawanan di setiap tahapan Pilkada. Oleh karena itu, seluruh personel harus siap siaga untuk mengamankan jalannya Pilkada," kata Wakapolresta.

BACA JUGA: Tinggalkan Halim dan Pilih Joko Purnomo pada Pilkada Bantul, Ternyata Ini Alasan Rony Wijaya

Selain melibatkan aparat keamanan, simulasi ini juga melibatkan berbagai stakeholder terkait, seperti Pemerintah Kota Jogja, KPU dan Bawaslu. Hal ini menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

"Kami berharap seluruh komponen masyarakat, termasuk tokoh agama dan partai politik, dapat bersama-sama menjaga kondusivitas Kota Jogja selama tahapan Pilkada," tambah AKBP Rudi.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto mengapresiasi upaya Polresta Jogja dalam menjaga kondusivitas wilayah setempat. "Kami berharap dengan adanya simulasi ini, Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Program Makan Bergizi Gratis, Pemerintah Siapkan 1,5 Juta Ha Lahan Peternakan Sapi

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement