Advertisement

Komitmen Keberlanjutan Pengelolaan Calon Geopark Nasional terus Disosialisasikan

Media Digital
Kamis, 22 Agustus 2024 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Komitmen Keberlanjutan Pengelolaan Calon Geopark Nasional terus Disosialisasikan Suasana FGD Komitmen Keberlanjutan Pengelolaan Calon Geopark Nasional, Kamis (22/8/2024). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Hari ini, Kamis (22/8/2024), Badan Pengelola Geopark Jogja menggelar focus group discussion (FGD) bertajuk Komitmen Keberlanjutan Pengelolaan Calon Geopark Nasional.

FGD ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan verifikasi lapangan sebagai Calon Geopark Nasional yang telah dilaksanakan pada 21-25 Juli 2024.

Advertisement

FGD digelar secara hybrid (daring dan luring) dan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi, di antaranya Pemda DIY, Pemkot Jogja, Pemkab Kulonprogo, Pemkab Sleman, Pemkab Bantul, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pakualaman, Balai Konservasi Sumber Daya Alam DIY, Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X, Balai Geospasial Pesisir dan Gumuk Pasir - Badan Informasi Geospasial, Badan Pengelola Geopark Jogja, Forum Koordinasi dan Komunikasi Pengelolaan Cagar Biosfer Merapi, Merbabu, Menoreh Wilayah DIY, Pengelola World Heritage (Warisan Dunia), Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI), dan Tim Verifikasi Geopark Nasional (TVGN).

DIkutip dari keterangan resmi yang diterima Harianjogja.com, Kamis, FGD tersebut menghasilkan beberapa poin kesepakatan penting, yaitu:

Pengelolaan Warisan Geologi (Geoheritage)

Pengelolaan Geopark Jogja akan dilakukan secara bijak dengan memperhatikan nilai keunikan geologi dan kelestariannya. Hal ini penting untuk menjaga dan melestarikan situs geologi yang memiliki nilai ilmiah dan budaya yang tinggi.

Pelestarian Keanekaragaman Hayati dan Budaya

Upaya pelestarian tidak hanya fokus pada keanekaragaman hayati (biodiversity), tetapi juga pada keragaman budaya (cultural diversity). Pengelolaan ini akan dilakukan melalui kegiatan yang terencana dan berkelanjutan.

Pengelolaan Keragaman Geologi (Geodiversity)

Geopark Jogja akan dikelola dengan mempertimbangkan kesatuan fenomena geologi penting suatu daerah, yang menjadi dasar dalam pembangunan berkelanjutan.

Sinergi dengan Berbagai Pihak

Pengelolaan Geopark Jogja akan melibatkan sinergi dengan berbagai pihak melalui tiga pilar utama, yakni konservasi, penelitian dan pendidikan, serta pemberdayaan perekonomian masyarakat setempat.

Manajemen pengelolaan yang berkesinambungan akan menjadi kunci dalam memastikan kelangsungan program ini.

Dengan ditandatanganinya Komitmen Keberlanjutan Pengelolaan Calon Geopark Nasional, diharapkan adanya sinergi yang terus berlanjut antara Badan Pengelola dan pihak-pihak terkait. FGD ini menjadi langkah penting dalam memperkuat komitmen dan sinergi antar-stakeholder dalam upaya menjadikan Geopark Jogja sebagai Geopark Nasional yang mampu melestarikan warisan geologi, hayati, dan budaya, serta mendukung pembangunan berkelanjutan di wilayah Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Program Makan Bergizi Gratis, Pemerintah Siapkan 1,5 Juta Ha Lahan Peternakan Sapi

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement