Advertisement

Dinsos Sleman Siapkan Jaring Pengaman Sosial Sebesar Rp15 Miliar di Tahun Ini

David Kurniawan
Minggu, 25 Agustus 2024 - 09:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Dinsos Sleman Siapkan Jaring Pengaman Sosial Sebesar Rp15 Miliar di Tahun Ini Kemiskinan - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Sosial Sleman mengalokasikan anggaran jaring pengaman sosial sebesar Rp15 miliar di 2024. Pagu ini dipergunakan untuk perlindungan Masyarakat di sektor Kesehatan, Pendidikan hingga sosial.

Kepala Dinas Sosial Sleman, Mustadi mengatakan, pemkab secara rutin mengalokasikan anggaran untuk jaring pengaman sosial. Program ini disediakan untuk membantu Masyarakat asal Bumi Sembada.

Advertisement

Bantuan tidak hanya diberikan bagi warga yang tinggal di Kabupaten Sleman. Pasalnya, warga perantau di luar daerah juga bisa mendapatkannya.

BACA JUGA: Warga Miskin Perlu Pendampingan untuk Kelola Modal Usaha

“Bisa saja asalkan statusnya terlantar dan bisa menghubungi dinas sosial, maka dapat diberikan bantuan untuk memulangkan ke Sleman,” kata Mustadi, Minggu (24/8/2024).

Dia menjelaskan, untuk jaring pengaman sosial terbagi menjadi tiga program di bidang Kesehatan, Pendidikan dan sosial. Di bidang Kesehatan, bisa untuk pembiayaan jaminan Kesehatan daerah yang tidak tercover bantuan dari Pemerintah Pusat.

Adapun di bidang Pendidikan, bisa dimanfaatkan untuk bantuan pembiayaan sekolah, dengan catatan belum tercover bantuan apapun. “Bisa untuk mengambil ijazah yang ditahan, pembayaran uang sekolah dan lainnya mulai dari TK, SD hingga SMA yang sederajat,” katanya.

Peruntukan jaring pengaman sosial ketiga dipergunakan di bidang sosial seperti anak terlantar, pekerja migran terlantar dan lainnya. Selain itu, juga bisa dipergunakan untuk biaya pendampingan hukum bagi warga yang tersandung permasalahan hukum.

“Sudah banyak yang dibantu, bahkan ada pekerja migran asal Sleman yang kami bantu agar bisa pulang,” katanya.

Menurut dia, alokasi yang disediakan tahun ini sebesar Rp15 miliar. Meski tidak menyebut secara rinci, Mustadi mengakui bahwa bantuan di bidang Pendidikan yang paling banyak ketimbang yang lain. “Data pastinya ada di kantor, tapi yang jelas keberadaan jaring pengaman sosial bisa membantu warga. Bahkan warga yang baru keluar dari Lembaga pemasyarakatan juga bisa mendapatkan bantuan ini,” katanya.

BACA JUGA: Program Pengentasan Kemiskinan Belum Menyasar Kantong Kemiskinan

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, keberadaan jaring pengaman sosial untuk membantu Masyarakat. Keberadananya juga sebagai upaya penanggulangan kemiskinan di Bumi Sembada.

Menurut dia, belum lama ini dilaksanakan Pelatihan Kerja program jaring pengaman sosial di bidang pendidikan non formal di Sleman. Bupati menilai kegiatan ini menjadi upaya peningkatan kemampuan SDM untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten. “Hal ini juga menjadi langkah untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Sleman karena ada kompetensi dan bisa bersaing dengan calon tenaga kerja dari daerah lain,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement