Advertisement

Dukung Peningkatan Produksi Pertanian, Bank BPD DIY Luncurkan Kredit Alsintan

Media Digital
Kamis, 29 Agustus 2024 - 17:37 WIB
Maya Herawati
Dukung Peningkatan Produksi Pertanian, Bank BPD DIY Luncurkan Kredit Alsintan Bank BPD DIY meluncurkan kredit alsintan di Kretek pada Kamis (29/8/2024). - Harian Jogja - Stefani Yulindriani

Advertisement

BANTUL—Bank BPD DIY meluncurkan kredit usaha alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada petani di Kretek, Bantul, pada Kamis (29/8/2024). Dalam program tersebut, Bank BPD DIY berupaya mendukung peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan di DIY.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan penyaluran kredit alsintan tersebut untuk mendukung tahanan pangan. Dia menuturkan pihaknya bersama dengan lima bank lain dipercaya oleh Kementerian Pertanian untuk menyalurkan kredit alsintan.

Advertisement

Menurutnya pihaknya berupaya juga mendukung efisiensi produksi pangan dengan adanya kredit alsintan tersebut.

"Itu perlu dilakukan efisensi produksi pangan, [petani] perlu modernisasi alat pertanian," katanya.

Dia pun berusaha mengubah mindset petani agar memiliki kemampuan untuk berwirausaha pula. Menurutnya, petani dituntut tidak hanya mengolah lahan, namun juga mampu menata agar hasil produksinya optimal. "Mereka perlu efisensi dalam pola tanam dan pemberantasan hama," katanya.

Dia menuturkan kredit alsintan tidak dibatasi untuk alat tertentu. Meski begitu, pihaknya akan meninjau kemanfaatan kredit alsintan yang diajukan.

BACA JUGA: Bong Suwung Segera Dikosongkan, Ini Alasan PT KAI

"[Kredit Alsintan] tidak terbatas alat pemotong dan sebagainya, tetapi untuk mendukung ketahanan pangan," katanya.

Dia menuturkan petani dapat mengakses kredit alsintan dengan datang ke seluruh cabang Bank BPD DIY. Di sana, petani akan diarahkan untuk mengakses model pembiayaan tersebut. "[Kredit alsintan] berlaku untuk seluruh DIY," katanya.

Sementara menurutnya, pembiayaan alsintan bisa mencapai 95 persen dengan total plafon mulai dari Rp500 juta. Agunan untuk kredit tersebut yaitu alat yang dibeli. "Mandiri atau kelompok bisa [mengakses kredit alsintan," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul, Joko Waluyo mengapresiasi adanya kredit alsintan tersebut. "Harapannya ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement