Advertisement

Industri Cat Diprediksi Tumbuh Seiring Adanya Jalan Tol di Jogja

Yosef Leon
Minggu, 15 September 2024 - 01:37 WIB
Sunartono
Industri Cat Diprediksi Tumbuh Seiring Adanya Jalan Tol di Jogja Aktivitas anak/anak melukis dengan cat. Dok. Ist (email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelaku industri cat di DIY optimistis berfungsinya tol ke depan di wilayah setempat bakal membawa manfaat yang signifikan di sektor tersebut. Tol Jogja-Solo yang sekarang memasuki tahap konstruksi disinyalir akan segera beroperasi beberapa tahun ke depan.

Direktur Utama Lancar Grup Otty Diano mengatakan, akan ada banyak manfaat yang dirasakan sektor riil terutama industri cat ketika jalan bebas hambatan itu beroperasi. Pada saat proses konstruksi saja sektor ini sudah kecipratan dengan adanya pemesanan.

Advertisement

BACA JUGA : Astra Honda Motor Terus Sinergikan Industri Dan Pendidikan

"Pembangunan jalan tol tentu ada pengaruhnya ke industri cat, misalnya pada saat konstruksi rest area kan juga dibangun dan itu juga butuh cat," katanya disela agenda Lancar Paint Expo 2024, Rabu (12/9/2024) malam. 

Di sisi lain Otty menyebut, setelah tol ke depannya jadi dampak yang paling dirasakan oleh sektor ini adalah pada proses pengiriman barang dari pabrik ke daerah-daerah termasuk DIY yang tentunya akan lebih mudah dan cepat ke depannya. 

"Pengiriman kan jauh lebih cepat karena pabrik kan banyak di Jakarta dan Surabaya maka dengan adanya tol pengiriman ke daerah lebih cepat dan stok bagus," ujarnya. 

Menurut Otty pada tahun ini pertumbuhan industri cat cukup bagus di wilayah DIY. Sebab ada banyak proyek infrastruktur baik dari pemerintah maupun swasta yang tengah berjalan. Seperti misalnya rumah sakit, perumahan, rusunawa dan lain sebagainya. 

"Tren penggunaan cat juga agak berubah sekarang. Konsumen banyak yang suka dengan cat ramah lingkungan," ungkapnya. 

Cat ramah lingkungan yang dimaksud adalah tipe water based yang menggunakan air sebagai campuran sehingga daya tahan dan warnanya bisa lebih lama. Selain itu cat model ini juga tidak berbau dengan demikian aman bagi anak-anak untuk diaplikasikan di ruangan tertentu. 

"Cat yang ramah lingkungan itu juga kami hadirkan dalam pameran ini untuk mengedukasi pengunjung dan konsumen," ungkapnya. 

Pameran yang dipusatkan di Jogja City Mal (JCM) itu berlangsung sejak Rabu hingga Minggu (15/9/2024) dan diklaim merupakan event pameran cat terbesar yang pernah digelar di Indonesia dan telah menjadi agenda tahunan Toko Cat Lancar sejak tahun 2016."Pamera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Masih Dikerjakan Tanpa Kajian Hukum yang Memadai

News
| Rabu, 18 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement