Advertisement

40 Persen Prodi Seluruh PTS Jogja Ditargetkan Terakreditasi Unggul

Sunartono
Sabtu, 28 September 2024 - 23:37 WIB
Sunartono
40 Persen Prodi Seluruh PTS Jogja Ditargetkan Terakreditasi Unggul Penandatanganan MoA dan IA Berbasis Joint Resources antar UPPS di Kampus UNU Jogja Jumat (27/9/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta menargetkan peningkatan menjadi 40 persen dari total seluruh prodi PTS Jogja terakreditasi unggul dalam jangka waktu empat tahun ke depan. Target ini untuk menjawab persoalan penurunan jumlah mahasiswa yang saat ini melanda sebagian besar PTS.

Kepala LLDIKTI Wilayah V Profesor Setyabudi Indartono mengatakan semua calon mahasiswa akan memilih kampus yang terbaik. Calon mahasiswa memilih PTS berdasarkan kualitas sehingga PTS dituntut untuk terus meningkatkan kualitasnya. Adapun indikator kualitas sebuah perguruan tinggi adalah akreditasi. Ia mendorong agar prodi dan PTS di Jogja bisa terakreditasi unggul dengan berbagai kriteria yang telah ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi.

Advertisement

BACA JUGA : Jumlah Mahasiswa Baru PTS di Jogja Terus Menurun, Aptisi Duga karena Kapal Keruk PTN

"Kami sedang mengupayakan agar prodi PTS di Jogja bisa unggul. Untuk mendapatkan akreditas unggul maka harus mengikuti aturan dan tuntutan lembaga akreditasi dengan banyak indikator. Kami sedang berusaha agar prodi kita itu juga terakreditas unggul mengikuti tuntutan lembaga akreditas," katanya kepada wartawan di sela kegiatan Penandatanganan MoA dan IA Berbasis Joint Resources antar UPPS di Kampus UNU Jogja Jumat (27/9/2024).

Menurutnya jika PTS bergerak sendiri untuk meningkatkan kualitasnya, hal itu sangat berat, sehingga perlu berkolaborasi baik antar PTS maupun antar fakultas dan prodi. "Kita punya potensi besar untuk bersinergi, sudah ada delapan PTS unggul bisa jadi contoh untuk yang lainnya. Serta memiliki SDM 114 guru besar, 750 lektor kepala, tokter hampir 2.000, ini bisa dimanfaatkan untuk tridarma kita," katanya.

Dari 750 prodi PTS di Jogja saat ini terakreditasi unggul ada 131 prodi dan 62 terakreditasi A. Ia menargetkan dari total prodi tersebut jumlah prodi terakreditasi unggul akan menjadi 40 persen dari saat ini yang baru 26 persen.

BACA JUGA : Somasi Pemerintah soal Mahalnya Uang Kuliah, Mahasiswa Jogja Sampaikan 10 Tuntutan

"Kami punya potensi hampir 400 prodi yaang sudah terakreditasi Baik Sekali, itu tinggal seangkah lagi menjadi unggul. Kalau setengahnya saja bisa terakreditasi unggul sekitar empat tahun ke depan maka menjadi 40 persen prodi kita bisa unggul dari sekarang 26 persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement