Advertisement

Pemda DIY Bangun 8 Sumur Bor untuk Mengatasi Dampak Kekeringan, Paling Banyak di Gunungkidul

Yosef Leon
Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemda DIY Bangun 8 Sumur Bor untuk Mengatasi Dampak Kekeringan, Paling Banyak di Gunungkidul Srikandi Ganjar DIY membantu pembangunan sumur bor di Nglipar, Gunungkidul. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) DIY sedikitnya telah membangun delapan titik sumur bor dan puluhan sumur resapan pada tahun ini untuk mengatasi kekeringan di wilayahnya. 

Kabupaten Gunungkidul menjadi lokasi terbanyak dengan total tujuh titik sumur bor dan 70 sumur resapan lantaran daerah itu disebut paling parah merasakan dampak kekeringan akibat kemarau berkepanjangan sejak pertengahan tahun lalu. 

Advertisement

BACA JUGA: Kekeringan Menggila di Kulonprogo: Sumur Warga Asat, Debit Air Pamsimas Turun 5 Kali Lipat

Adapun titik pembangunan sumur bor dan resapan itu yakni satu di Desa Pucung, Girisubo, Gunungkidul, tiga di Desa Rejosari, Semin Gunungkidul, dua di Desa Hargomulyo, Gedangsari, Gunungkidul, satu di Desa Giritirto, Purwosari, Gunungkidul dan satu lainnya di Desa Munthuk, Dlingo, Bantul. 

"Sifatnya hibah melalui program Pemanfaatan Ruang Satuan Ruang Strategis Pantai Selatan dan Karst Gunung Sewu," kata Kepala DPUPESDM DIY Anna Rina Herbranti, Rabu (2/10/2024). 

Menurut Anna, tidak semua titik yang terdampak kekeringan bisa dibuat sumur bor. Sebab sebelum memberikan bantuan itu pihaknya terlebih dahulu melakukan survei. Petugas akan melihat apakah titik yang akan dibor bakal menganggu sumber air warga atau tidak. 

"Kemudian airnya harus air dalam atau 50 meter ke bawah serta harus keluar setengah liter per detik," jelasnya. 

Selain itu petugas juga harus memastikan apakah setelah dibor sumur tetap mengeluarkan air atau tidak selama 24 jam. Setelah sumur bor rampung dibuat pengelolaannya akan diserahkan kepada Pemerintah Desa atau Kalurahan terkait.

"Selain sumur bor bak penampungan dengan kapasitas 5.000 liter juga kami berikan," pungkas dia.

BACA JUGA: Status Siaga Darurat Kekeringan DIY Berakhir Hari Ini, BPBD Belum Berencana Perpanjang

Sebelumnya diberitakan, BPBD DIY belum berencana memperpanjang kembali status siaga darurat kekeringan di wilayahnya yang terakhir jatuh pada 30 September 2024. Siaga darurat kekeringan di DIY diketahui sudah berlangsung selama dua bulan terakhir Agustus dan September lantaran musim kemarau berkepanjangan

Sampai dengan 29 September 2024 jumlah air bersih yang disalurkan ke kabupaten kota yang terdampak kekeringan yakni Kabupaten Bantul 312 kali di 7 Kapanewon, 13 Kalurahan dengan jumlah total 1.560.000 liter. Kabupaten Kulonprogo 188 kali, di 7 Kapanewon, 21 Kalurahan dengan jumlah total 940.000 Liter.

Selanjutnya Kabupaten Gunungkidul 980 kali di 10 Kapanewon, 24 Kalurahan dengan jumlah total 5.340.000 Liter. Sementara dua kabupaten kota lainnya yakni Kabupaten Sleman dan Kota Jogja tidak ada penyaluran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tiga Ruas Jalan di Kota Jogja Diperbaiki

Tiga Ruas Jalan di Kota Jogja Diperbaiki

Jogjapolitan | 27 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Minta Kadin Genjot Pertumbuhan Ekonomi

News
| Rabu, 02 Oktober 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement