Advertisement

BEDAH BUKU: Warga Harus Aktif untuk Pencegahan Stunting

Media Digital
Selasa, 15 Oktober 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
BEDAH BUKU: Warga Harus Aktif untuk Pencegahan Stunting Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai (berdiri) menyampaikan materi dalam agenda bedah buku berjudul Buku Pintar Generasi Anti Stunting di Pedukuhan Dero, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Sleman, Selasa (15/10/2024). Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) bekerjasama dengan DPRD DIY menggelar bedah buku untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Pedukuhan Dero, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Sleman, Selasa (15/10/2024). Buku yang dibedah kali ini berjudul Buku Pintar Generasi Anti Stunting.

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, mengatakan masalah stunting menjadi salah satu permasalahan yang akhir-akhir ini mencuat. Pemerintah pun terus berupaya untuk mengatasi kasus tengkes ini agar tumbuh kembang anak bisa sehat sehingga menjadi generasi yang unggul dan hebat.

Advertisement

Menurut Anton, permasalahan stunting bukan hanya perkara gizi anak setelah lahir, tetapi dimulai saat bayi masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu, harus ada upaya pencegahan sejak sebelum calon ibu menikah atau pada masa kehamilan.

“Gizi yang baik tidak hanya untuk anak, tapi juga penting bagi ibu yang mengandung. Tujuannya, agar terhindar dari melahirkan anak yang stunting,” kata Anton, Selasa.

Ia mengakui, pemenuhan gizi tidak harus menggunakan bahan pangan yang mahal. Pasalnya, banyak aneka makanan yang murah bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi seperti telur, ikan kembung, nila, lele hingga sayur mayur. “Yang penting gizinya tercukupi dan tak kalah penting, anak juga harus dibiasakan minum susu agar semakin cerdas,” katanya.

Anton berharap dengan bedah buku ini bisa memberikan tambahan wawasan kepada para peserta. Di sisi lain, buku yang diberikan bisa dipelajari dalam upaya pencegahan stunting di lingkungan sekitar. “Jadi bedah buku ini juga menjadi bagian dari edukasi dan sosialisasi yang membahas masalah pencegahan stunting,” katanya.

BACA JUGA: Tumpukan Sampah di Tepi Jalan Bermunculan di Kota Jogja, Kini Ada di Jembatan Juminahan

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DPAD DIY, Muhamad Rosyid Budiman, mengatakan program bedah buku terselenggara berkat kerja sama DPAD dengan DPRD DIY. Program ini digelar agar masyarakat bisa lebih gemar membaca karena buku merupakan jendela pengetahuan. “Bedah buku ini kami gelar supaya masyarakat suka membaca. Kalau sering membaca, otomatis bapak ibu semua paham dan mendapatkan informasi sehingga pengetahuannya bertambah,” katanya.

Bedah buku ini mengulas beragam tema sesuai potensi dan latar belakang masyarakat. “Tema bedah buku disesuaikan dengan permintaan masyarakat di masing-masing wilayah sesuai latar belakangnya. Misalnya di desa itu potensinya apa, itu yang kami angkat sebagai tema,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Calon Menteri Tim Ekonomi di Kabinet Prabowo-Gibran

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement