Advertisement

Pekerjaan Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Paket 2.2 Rambah Ring Road Utara, Begini Kondisinya

Catur Dwi Janati
Rabu, 16 Oktober 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Pekerjaan Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Paket 2.2 Rambah Ring Road Utara, Begini Kondisinya Suasana pemasangan beton barrier di area penggarapan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman di Ring Road Simpang Kronggahan pada Selasa (15/10/2024) malam. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Konstruksi proyek Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman mulai memasuki area Ring Road pada Oktober ini.

Pada tahapan awal, pemasangan beton barrier dan Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU) dan beton barrier mulai dikerjakan. Adanya proyek membuat pengendara jalan Ring Road mulai melintas di bekas lajur lambat yang digabung dengan sisa lajur cepat.

Advertisement

Dari pantauan Reporter Harian Jogja di lokasi proyek hingga pukul 23.20 WIB, arus lalu lintas di sekitar area pemasangan beton barrier terpantau lancar. Kendaraan masih bisa lewat di sisi luar beton barrier dan tidak terjadi kemacetan.

Sejumlah pekerja proyek dibantu personel kepolisian menggunakan traffic light stick memandu para pengendara agar melintas di sisi luar beton barrier. Di ujuang persimpangan, water barrier juga dipasang menutup ruas arah lajur cepat agar pengendara dari arah barat mengetahui ada kegiatan proyek dan lewat di sisi luar beton barrier

Humas Proyek Tol Jogja Solo Seksi 2 Paket 2.2 PT Adhi Karya, Agung Murhandjanto menjelaskan proses pemasangan beton barrier mulai dikerjakan pada Selasa (15/10/2024) sekitar pukul 21.00 WIB.

Beton barrier dipasang mulai depan Pos Polisi Kronggahan di sisi utara ke arah timur.  "Mohon doa restu kepada masyarakat DIY pada umumnya dan masyarakat yang melintas di Ring Road Utara khususnya di Simpang Kronggahan kami sudah mulai pekerjaan di Ring Road Utara untuk pemasangan beton barrier," kata Agung ditemui di lokasi proyek, Selasa malam. 

Beton barrier yang dipasang berfungsi sebagai pembatas area pengerjaan proyek di sisi tengah Ring Road dengan lalu lintas di sisi luar.

Nantinya Pagar Proyek Daur Ulang (PPDU) akan dipasang di atas beton barrier. "Beton barrier ini menjadi pembatas. Nanti di atasnya beton barrier itu ada pagar PPDU," jelasnya.

Setelah pagar proyek rampung dipasang, kontraktor akan mengerjakan proyek konstruksi tol di area selebar 12 meter di tengah Ring Road. "Nanti di tengahnya ini selebar 12 meter digunakan untuk pembangunan pile cap atau Tol Jogja-Solo-YIA paket 2.2 secara elevated," jelasnya. 

Agung menegaskan jika selama pemasangan pagar berlangsung pengendara masih bisa melintas di sisi luar pagar. Ruas jalan tersebut merupakan bekas lajur lambat di sisa lajur cepat yang bisa digunakan para pengendara untuk melintas. 

"Masih bisa melintas, masih bisa dilintasi walaupun ada penyempitan karena digabung antara jalur cepat dan jalur lambatnya sehingga mohon kepada nasyarakat untuk berhati-hati mengurangi kecepatan dalam berkendara," ujar dia. 

Pagar proyek akan dipasang sepanjang kurang lebih 600 meter dari timur Simpang Kronggahan hingga tikungan Nglarang di Jl. Ring Road di sisi utara maupun selatan. Pemasangan pagar proyek pembatas antara area penggarapan tol yang berada di dalam pagar dan area luar pagar untuk lalu lintas kendaraan ini diestimasi akan memakan waktu 7-10 hari. 

Untuk hari pertama pemasangan pagar dimulai pukul 21.00 WIB. Tetapi setelahnya pekerja akan memasang beton barrier dan PPDU mulai dari pukul 19.00 WIB hingga 03.00 WIB. 

Tiap-tiap beton barrier memiliki panjang satu meter. Satu kali jalan, truk pengangkut mampu memuat 25-32 beton barrier.

Dengan waktu pengangkatan dan pemasangan yang mencapai kurang lebih 90 menit, sekali periode tersebut beton barrier yang terpasang bisa mencapai kurang lebih sepanjang 25-32 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Calon Menteri Kabinet Prabowo Dijadwalkan Ikut Pembekalan di Akmil Magelang

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement