Advertisement

Hotel Harus Fasilitasi Produk Mikro-Kecil di Sekitarnya

Abdul Hamied Razak
Senin, 23 April 2018 - 13:20 WIB
Arief Junianto
Hotel Harus Fasilitasi Produk Mikro-Kecil di Sekitarnya Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Program Gandeng Gendong yang diluncurkan Pemkot Jogja beberapa hari lalu terus dikembangkan. Salah satu output yang diharapkan adalah ketertarikan pengusaha, baik hotel maupun pasar swalayan untuk ikut terlibat dalam mengembangkan produk mikro dan kecil.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja Tri Karyadi Riyanto mengatakan produk yang dihasilkan pelaku usaha mikro dan kecil sebagian sudah memiliki kualitas yang baik. Akan tetapi sebagian lainnya memang masih ada yang membutuhkan pendampingan untuk peningkatan kualitas.

Advertisement

Peningkatan kualitas tersebut, kata dia, bertujuan agar program Gandeng Gendong yang diluncurkan Pemkot Jogja beberapa hari lalu bisa menarik pelaku usaha seperti hotel, swalayan dan lainnya bisa mengakomodasi pemasaran produk UMKM tersebut.

"Ada komitmen antara Pemkot dengan pelaku usaha seperti hotel untuk memberikan tempat bagi pelaku UMKM. Mereka siap menampilkan produk UMKM di hotel,” kata Tri, Senin (23/4/2018).

Dalam komitmen itu, pengusaha hotel diakuinya juga siap membina pelaku usaha mikro kecil apabila produk yang ditampilkan belum memenuhi kualitas yang diinginkan. Tri menyebut sudah ada beberapa hotel yang tertarik untuk menampilkan produk dari pelaku usaha mikro kecil salah satunya hotel di Jalan Urip Sumoharjo yang berminat menggunakan produk kuliner dan kerajinan dari pelaku usaha mikro kecil di wilayah sekitar.

"Kami berharap hotel bisa menyerap produk yang dihasilkan pelaku usaha yang ada di sekitarnya," katanya.

Tak hanya itu, pelaku UMKM diminta juga untuk memasang katalog produk di hotel sehingga wisatawan atau tamu hotel bisa datang langsung ke tempat pelaku usaha apabila mereka tertarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement