Advertisement

Banyak Pelajar di Gunungkidul Lebih Memilih Bekerja Ketimbang Sekolah, Begini Tanggapan Pemkab

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 02 Mei 2018 - 19:20 WIB
Arief Junianto
Banyak Pelajar di Gunungkidul Lebih Memilih Bekerja Ketimbang Sekolah, Begini Tanggapan Pemkab Suasana upacara bendera peringatan Hardiknas di Alun-Alun Wonosari, Rabu (2/5/2018). - JIBI/Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Pemkab Gunungkidul menyoroti beberapa hal. Salah satunya adalah terkait dengan banyaknya anak di Gunungkidul yang memilih bekerja ketimbang melanjutkan pendidikan.

Sekretaris Daerah (Sekda), Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan pada dasarnya hal itu tak jadi soal. Pilihan tersebut, kata dia, harus juga dibarengi dengan ketrampilan dan semangat bekerja.

Advertisement

Dia mengatakan banyak orang pintar atau berpendidikan tinggi tidak mempunyai semangat yang baik dalam bekerja. “Saat ini ada orang pintar tetapi tidak punya daya juang, tidak punya keterampilan, tidak punya gereget ya susah. Jadi pada dasarnya jika sudah memutuskan bekerja harus memiliki kesemua itu,” katanya seusai mengikuti upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-Alun Wonosari, Rabu (2/5/2018).

Selain itu, Pemkab Gunungkidul diakuinya menaruh perhatian pada kemajuan teknologi. Menurutnya, kemajuan teknologi dinilai menjadi faktor utama yang mempengaruh pendidikan dan pola kehidupan anak sekolah saat ini.

“Saat ini anak sekolah sangat mudah mendapat informasi, jika tidak diimbangi literasi yang baik akan berdampak negatif ke anak. Guru dan orang tua diharapkan juga harus ada pemahaman menyikapi media, karena sikap antisosial emosional saling tuding berawal dari informasi yang salah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan IKN Capai 80 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement