Advertisement

Jatah Sambungan PDAM untuk Keluarga Miskin Habis

Uli Febriarni
Selasa, 22 Mei 2018 - 13:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jatah Sambungan PDAM untuk Keluarga Miskin Habis Direktur PDAM Tirta Binangun, Jumantoro (berdiri) mendampingi tim pemasangan SR di salah satu rumah warga, Senin (21/5 - 2018). Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kuota peserta program pelayanan pemasangan sambungan rumah (SR) gratis untuk 1.050 kepala keluarga (KK) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada 2018 untuk sementara telah habis.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro, menjelaskan kuota pemasangan SR tersebut tersebar di Wates, Panjatan, Sentolo, Temon, Galur, Lendah, Girimulyo, Kalibawang dan Pengasih.

Advertisement

Dengan habisnya kuota, belum semua wilayah terjangkau jaringan distribusi air PDAM. Terhitung, cakupan MBR baru mencapai 43% dari jumlah penduduk Kulonprogo. Selain MBR, PDAM juga memberikan pelayanan SR reguler murah dan SR bersubsidi. Permintaan terus bertambah tetapi belum semua terlayani, sehingga para pemohon pemasangan SR gratis bagi MBR ke PDAM masuk ke dalam daftar tunggu.

Jumantoro meminta masyarakat bersabar menjadi pelanggan PDAM karena pelayanan SR saat ini memprioritaskan di wilayah yang terjangkau jaringan perpipaan distribusi. PDAM juga terus menambah sumber pengolahan air bersih meski persediaan air bersih saat ini masih cukup untuk melayani masyarakat.

"Kami menargetkan pemasangan bisa selesai sebelum Idulfitri, sehingga masyarakat berpenghasilan rendah bisa menggunakan air dari PDAM,” ujarnya, Senin (21/5/2018).

Salah seorang warga Taruban Kulon, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Joko Susilo, mengungkapkan rasa syukur karena PDAM akhirnya menyambung pipa jaringan air bersih di desanya. Menurut dia, setelah ada sambungan pipa tersebut ia berharap masyarakat di wilayahnya tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih, terutama untuk keperluan memasak, mandi dan mencuci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement