Advertisement

Kesulitan Air, Warga Hargosari, Gunungkidul Beli Air Seharga Rp120.000 per Tangki

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 23 Mei 2018 - 16:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kesulitan Air, Warga Hargosari, Gunungkidul Beli Air Seharga Rp120.000 per Tangki Ilustrasi warga mengambil air di sumber mata air karena kekeringan. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kepala Desa, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul Mugito mengatakan di desanya memang sudah mulai kesulitan air sudah dari beberapa minggu yang lalu.

“Sudah mulai kesulitan air masuk musim kemarau ini. Warga sudah mulai membeli air secara mandiri. Harganya Rp110.000-Rp120.000 per tangki,” katanya, Selasa (22/5/2018).

Advertisement

Saat ini lahan pertanian diakuinya sudah mulai jarang ditanami. Pasalnya sebagian besar lahan pertanian di desanya merupakan lahan tadah hujan. Tanaman yang ada saat ini hanya tinggal tanaman yang tidak memerlukan banyak air, dan rata-rata tinggal masuk masa panen.

Saat ini dia mengaku telah mengajukan permohonan bantuan dropping air kepada Pemkab Gunungkidul. “Masih menunggu konfirmasi dari BPBD Gunungkidul. Ia berharap agar bantuan dropping air segera diperoleh untuk meringankan beban warga.”

Dia menjelaskan sulitnya air di Hargosari dikarenakan sumber air dari PDAM sering mati. Soal itu, dia pun mengakui warga sudah banyak yang melapor.

"Sumber air utama dari PDAM sering hidup mati terus, jadi sulit, warga sebenarnya mulai geram juga," ujarnya.

Sebenarnya dulu pernah dilakukan upaya untuk mencari atau meneliti daerah yang memiliki sumber air. Namun memang hingga saat ini belum terealisasi pembuatannya untuk mendukung kebutuhan masyarakat tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement