Advertisement

Ratusan Ton Sampah di DIY Tertahan Tak Bisa Masuk TPST Piyungan

Bhekti Suryani
Kamis, 16 Agustus 2018 - 18:00 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan Ton Sampah di DIY Tertahan Tak Bisa Masuk TPST Piyungan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Piyungan di Dusun Ngablak, Sitimulyo, Piyungan, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kondisi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul kini tengah dalam kondisi memprihatinkan. Akibatnya berton-berton sampah dari tiga daerah tak bisa dibuang ke TPST saat ini.

Terganggunya TPST Piyungan terungkap melalui surat pemberitahun UPT Pelayanan Persmpahan Dinas Lingkungan Hidup Sleman.

Advertisement

Surat bernomor : 974/0004 tertanggal 15 Agustus 2018 itu memberitahukan kondisi TPDT Piyungan saat ii sedang mengalami masalah dengan rusaknya beberapa mesin operator. Akibatnya TPST Piyungan saat ini tidak bisa menerima buangan sampah dari Sleman, Kota dan Bantul.

Saat ini mesin oeprator sedang dalam perbaikan. Adapun surat itu diberitahukan kepada pelanggan pelayanan pengangkutan sampah UPT Pelayanan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Sleman.

"Oleh karena itu kami mohon maaf atas keterlambatan pengangkutan sampah," kata Kepala UPT Pelayanan Persampahan DLH Sleman, Sri Restuti Nur Hidayah seperti dikutip dari surat pemberitahuan tersebut, Kamis (16/8/2018).

Dampak terganggunya TPST Piyungan sebelumnya dilaporkan otoritas Pemkab Bantul. Saat ini, 10 truk sampah terpaksa harus kembali dalam keadaan penuh sampah dan sejak Selasa lalu masih menginap di kantor Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul. Sementara hari ini masih banyak sampah-sampah yang belum diambil dari tempat pembuangan sementara.

Merujuk data dari TPST Piyungan yang dihimpun Harian Jogja, setiap hari TPST yang berada di Desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul itu setiap hari menerima limpahan rata-rata 500 ton sampah dari Sleman, Kota Jogja dan Bantul. Di sisi lain kapasitas TPST sendiri saat ini sudah overload alias kelebihan muatan 900.000 ton. Kondisi tak layak tersebut terus dipaksakan sejak 2012, saat kapasitas TPST Piyungan dinyatakan telah penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement