Sebanyak 59 Orang Bakal Bertarung dalam Pilkades Serentak di Kulonprogo

Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto
23 September 2018 07:17 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Sebanyak 59 orang akan mengikuti pertarungan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2018 serentak di 20 desa se-Kulonprogo.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPP dan KB) Kulonprogo, Muhadi mengungkapkan, sebagian besar Panitia Pilkades Desa sudah menetapkan calon kades.

Dari hasil verifikasi di tingkat panitia, semua bakal calon memenuhi persyaratan administrasi. Setelah itu, Panitia Pilkades tinggal membuat berita acara penetapan dari balon menjadi calon kades.

Yang menjadi catatan, untuk Pilkades yang berlangsung di Desa Brosot dan Desa Karangsari, perlu dilakukan tes tambahan terhadap balon kades. Karena jumlah pendaftar yang ingin mencalonkan diri menjadi kades di kedua desa tersebut, lebih dari lima orang.

"Hasil seleksi atau tes tambahan sudah diserahkan kepada Panitia Pilkades desa," kata dia, akhir pekan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Aparatur Pemerintah Desa, Dinas PMDPP dan KB, Risdianto menjelaskan, jumlah peserta Pilkades berbeda-beda dari masing-masing desa. Balon kades yang memenuhi persyaratan, dipastikan ditetapkan menjadi calon kades. Nama mereka, kemudian diusulkan ke BPD (Badan Permusyaratan Desa).

Üntuk ditetapkan menjadi calon kades, yang berhak dipilih warga,” ungkapnya.