Advertisement

PEMILU 2019: Ini Dia Kecamatan Pertama di Jogja yang Berdeklarasi Kampanye Damai

Eka Ariyanti
Minggu, 07 Oktober 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
PEMILU 2019: Ini Dia Kecamatan Pertama di Jogja yang Berdeklarasi Kampanye Damai Penandatangan deklarasi kampanye damai di Kecamatan Kraton, Sabtu (6/10/2018) - Eka Ariyanti

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kraton jadi kecamatan pertama yang menggelar deklarasi damai Pemilu 2019 untuk tingkat kecamatan di Jogja

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kraton Sigit Agung Prasetyo mengatakan gagasan digelarnya deklarasi damai tersebut tidak hanya berasal dari PPK, melainkan juga masukan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS). "Deklarasi damai pada intinya untuk menciptakan situasi yang kondusif, aman, tertib, dan betul-betul warga masyarakat melek buat demokrasi," katanya saat ditemui di sela-sela Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019, di Pendopo Dalem Benawan, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Sabtu (6/10/2018).

Advertisement

Kegiatan tersebut, kata dia, juga dihadiri oleh perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jogja, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jogja, Forum Pimpinan Kecamatan, serta sejumlah pimpinan parpol yang ada di tingkat Kecamatan Kraton, serta para calon anggota legislatif (caleg). "Alhamdulillah untuk caleg yang hadir di acara ini, sekitar 70 persen," kata dia.
Agung mengatakan di Kecamatan Kraton sekitar 23 orang sudah tercatat dalam Daftar Calon Tetap (DCT) untuk pemilihan anggota DPRD dan DPD yang. Dia berencana ke depannya akan tetap menyosialisasikan caleg dan kampanye damai secara bersamaan.

Setelah membacakan deklarasi dan ikrar kampanye damai, acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan naskah deklarasi kampanye damai oleh pihak-pihak terkait. "Jangan lupa Rabu, 17 April 2019 hadir di TPS, dan suarakan hati Anda di TPS sesuai dengan hati nurani yang paling dalam. Pemilu berdaulat, negara kuat." kata Agung.

Terkait dengan kampanye yang sudah mulai dibuka pada Minggu (23/9/2018), Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) berharap kepada para caleg untuk memberikan informasi kepada Panwaslucam jika mereka hendak berkunjung. "Karena sampai hari ini, kami belum tahu apakah sudah ada yang kampanye atau belum", kata Yanti, salah satu Panwascam Kraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement