Advertisement

Asah Potensi, Warga Kentungan Gelar Atraksi Budaya

Fahmi Ahmad Burhan
Senin, 29 Oktober 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Asah Potensi, Warga Kentungan Gelar Atraksi Budaya Pentas hadrah yang digelar di Dusun Kentungan, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Minggu (28/10/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dusun Kentungan, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, menggelar berbagai atraksi budaya mulai dari hadrah sampai jatilan, Minggu (28/10/2018). Warga antusias mengikuti gelar budaya tersebut dan berharap tradisi itu tetap dipertahankan.

Penanggung jawab gelar atraksi budaya Dusun Kentungan, Ngajiono, mengatakan tahun ini atraksi budaya digelar selama satu hari yakni pada Minggu berlokasi di Lapangan Kentungan, Jalan Kaliurang. "Ada tarian anak-anak, hadrah yang dibawakan ibu-ibu Baiturohim Kentungan dan jatilan," katanya saat ditemui Harian Jogja, Minggu (28/10). Menurutnya warga sangat antusias mendukung gelar budaya tersebut. Ia berharap acara tersebut bisa berlangsung tiap tahunnya. "Warga sangat menyambut baik acara ini, karena di era seperti saat ini masih banyak masyarakat yang mempertahankan dan melestarikan budaya tradisional yang ada," ujar Ngajiono. Selain itu, menurut Ngajiono, gelar budaya tersebut bisa mempererat kerukunan warga karena hampir semua warga mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua terlibat dalam acara tersebut.

Advertisement

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo, mengatakan berbagai gelar budaya yang digelar di sejumlah dusun bertujuan untuk saling mengasah potensi yang ada di masyarakat, sekaligus menjadi wadah wisata di wilayah tersebut.

Menurut Wardoyo gelar itu juga merupakan hasil kerja sama antara pemerintah dan warga. "Gelar budaya di dusun-dusun memberi ruang potensi yang ada di daerah itu dan menjadi ajang kreativitas masyarakat," kata Wardoyo, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement