Anggota Satgas TMMD Belajar Menanam Jagung Hybrida

Seorang anggota TNI belajar menanam tanaman jagung kepada seorang petani di Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Rabu (7/11/2018) - Ist
07 November 2018 21:15 WIB Yudhi Kusdiyanto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pepatah sambil menyelam minum air tampaknya benar-benar dilakukan oleh sejumlah prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-103 Kodim 0732 Sleman. Selama bertugas di Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, yakni di sela-sela menyelesaikan proyek pembangunan fisik, sejumlah prajurit menyempatkan diri menimba ilmu kepada warga di desa sasaran tentang banyak hal, utamanya pertanian.

Beberapa prajurit TNI bahkan “berguru” kepada seorang petani, Sumitro, warga RT 03/RW 31 Desa Balecatur, yang selama ini aktif menggeluti budi daya tanaman jagung hybrida. Potensi inilah yang tidak disia-siakan oleh beberapa anggota Satgas TMMD Sleman.

Pada Rabu (7/11/2018), sejumlah anggota TNI melihat dari dekat bagaimana Sumitro menggeluti usahanya, mulai dari menyemai bibit jagung hybrida, kemudian merawat tanaman jagung itu dengan menyemprotkan anti hama. "Lumayan dapat ilmu dari desa sasaran TMMD, nantinya bisa dipraktikkan di rumah," kata Serda Suparno, salah satu anggota Satgas TMMD saat ditemui di lokasi, Rabu.

Dalam program TMMD yang digelar di Dusun Temuwuh Kidul, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, anggota Satgas TMMD Reguler ke-103 Kodim 0732 Sleman mengerjakan sejumlah proyek fisik di antaranya pembangunan talut, pos kampling, rehabilitasi rumah tak layak huni dan program fisik lainnya.