Advertisement

Serunya Ratusan Orang Ikut Macapat Massal di Sleman

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 15 November 2018 - 05:50 WIB
Bhekti Suryani
Serunya Ratusan Orang Ikut Macapat Massal di Sleman Peserta sedang menembangkan macapat dalam gelaran macapat massal di Gedung Kesenian Sleman pada Selasa (13/11/2018). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kebudayaan Sleman bekerja sama dengan Paguyuban Macapat Sleman dan Paguyuban Macapat Indo menggelar macapat masal di Gedung Kesenian Sleman. Macapat yang ditembangkan secara masal tersebut sebagai simbol guyub rukun.

Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantara mengatakan macapat masal yaitu gelaran tembang macapat yang ditembangkan secara bersama dengan dipandu oleh 20 orang di depan panggung, nanti tembang tersebut diikuti seluruh peserta macapat. Total peserta macapat masal yang digelar di Gedung Kesenian Sleman pada Selasa (13/11/2018) itu berjumlah 250 orang.

Advertisement

"Macapat masal ini sebagai salah satu sarana mengekspresikan guyub rukun masyarakat di Kabupaten Sleman. Tidak ada merah, kuning ataupun hijau. Semua bersama sama menyatukan satu pemikiran dalam tembang yang sama," ujar Aji.

Acara macapat masal tersebut digelar atas kerja sama antara Disbud Sleman, Paguyuban Macapat Sleman, dan Paguyuban Macapat Indo. Selain dari paguyuban, macapat masal juga diikuti oleh para pelajar.

"Harapannya dari macapat masal itu masyarakat Sleman dapat terus guyub rukun. Ini juga merupakan salah satu upaya pelestarian budaya pada generasi muda," jelas Aji.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan dengan adanya macapat masal tersebut bisa menjadi wadah silaturahmi antar macapat di Sleman sekaligus juga melestarikan budaya jawa.

"Macapat adalah sastra Jawa yang dituangkan dalam lagu serta berisi nasihat-nasihat serta cerita-cerita yang sarat dengan makna kehidupan sehari-hari. Dengan macapat masal ini, bisa saling transfer ilmu dan pengalaman diantara peserta," ungkap Sri Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement