Rawan Longsor, Kalirejo Butuh Alat Komunikasi

04 Januari 2015 22:20 WIB Kulonprogo Share :

Rawan longsor di Kulonprogo perlu mendapat perhatian. Desa Kalirejo salah satunya, yang membutuhkan alat komunikasi

 

Harianjogja.com, KULONPROGO-Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap Kulonprogo membutuhkan alat komunikasi yang menghubungkan dengan berbagai pihak terkait penanggulangan bencana.

 

Pasalnya, desa ini termasuk dalam desa siaga bencana karena setiap tahun sebagian wilayahnya selalu dilanda longsor saat musim penghujan.

 

Menurut Kepada Desa Kalirejo, Lana predikat desa siaga bencana membuat warga dengan sigap melakukan pertolongan pada warga yang tertimpa bencana.

 

Namun, kata dia, koordinasi tidak cukup jika hanya dilakukan di wilayah desa saja, sebab bantuan juga diperlukan dari badan dan instansi lain yang menangani bencana.

 

"Kami membutuhkan alat komunikasi yang terhubung dengan pihak-pihak tersebut supaya lancar dan pertolongan dapat segera dirasakan warga yang terkena bencana," terangnya di sela-sela kegiatan bedah rumah, Minggu (4/1/2014).

 

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan warga harus waspada saat musim penghujan, terutama jika melihat tanah merekah. "Harus segera dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) supaya bisa diantisipasi sejak dini," ujarnya.