HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Daging Sapi Masih Bertahan Tinggi, Rp120.000 Per Kg

Petugas Dinas Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (DPPK) Sleman mengecek kadar air pada daging sapi di Pasar Pakem, Rabu (1/7/2015). (JIBI/Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati)
30 Mei 2016 00:20 WIB Gunungkidul Share :

Harga kebutuhan pokok di Gunungkidul untuk komoditas daging sapi masih bertahan tinggi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL --  Harga Daging sapi masih dinilai tinggi oleh sejumlah warga yang melakukan aktifitas jual beli di pasar tradisional Argosari, Wonosari.

Harga daging sapi mencapai angka Rp120.000 per kg, sedangkan untuk daging kambing harga dipatok di angka Rp110.000 per kg. Harga tersebut dikenakan untuk daging dengan kualitas terbaik.

Salah seorang pedagang daging sapi, Watini mengungkapkan bahwa daging sapi dengan kualitas 1 yakni berkisar Rp120.000 hingga Rp125.000. Sedangkan untuk kualitas dibawahnya yakni mulai dengan harga Rp90.000.

Ia meyakini harga daging yang tinggi tersebut dipengaruhi oleh harga sapi hidup yang mahal. Ia mengatakan sapi hidup dengan ukuran sedang dijual dengan harga Rp14 juta setiap ekornya. Dengan begitu mempengaruhi harga daging sapi kiloan.

Saat ini dirinya sedang menanti keputusan pemerintah untuk menurunkan harga daging.

"Katanya ada wacana mau turun sampai Rp80.000, tapi ya kita tunggu saja," kata dia Minggu (29/5/2016).

Sementara itu, hal senada diungkapkan oleh pedagang daging sapi yang lain, Inah.  Ia mengeluhkan harga daging sapi yag masih meroket diangka Rp120.000 tersebut. Ia mengkhawatirkan jumlah pembeli yang akan berkurang hingga beberapa pekan ke depan dalam rangka jelang Bulan Ramadan.

Saat ini Inah dan pedagang lainnya hanya berharap pada para pelanggan yang terbiasa membeli di lapaknya.

"Pembeli jumlahnya kian menurun, belum tau nanti saat dekat Ramadan seperti apa minat pembeli, sekarang mengharap langganan saja," ujarnya.