LONGSOR KULONPROGO : Tanggul Drainase Kulwaru Longsor, Mengancam Rumah Warga

Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos - Antara)
16 November 2016 11:20 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Longsor Kulonprogo terjadi di Kulwaru-Sogan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Curah hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan membuat tanggul drainase Kulwaru-Sogan longsor dan mengakibatkan retakan di rumah warga. Musim hujan dikhawatirkan akan menghambat drainase dan memperparah potensi longsor.

Tanggul drainase tersebut berada di wilayah Dusun Serangrejo, Kulwaru, Wates. Sukarman, salah satu warga setempat menjelaskan drainase tersebut merupakan saluran pembuangan air menuju Sungai Serang. Hujan lebat dan lauapan air dari Sungai Serang membuat air di drainase tersebut meluap.

Kejadian yang lalu, banjir tersebut mengakibat longsor di bantaran tanggul. Tanggul tersebut sebenarnya tidak pernah mengalami kerusakan sejak dibangun pada 2003 lalu.

“Tapi ketika banjir besar kemarin malah longsor parah,” jelasnya, Selasa (15/11/2016).

Warga sendiri sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pemerintah desa namun belum ada respon apapun.

Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Muhtarom Asrori menjelaskan bahwa tanggul tersebut merupakan kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak(BBWSSO).

Namun, ia menyatakan akan meminta pemerintah segera berkoordinasi dengan BBWSSO agar segera bisa diperbaiki. Pasalnya, kerusakan tersebut mengancam pemukiman warga dan menghambat aliran drainase.