Advertisement

Bantuan Pemerintah Tak Jua Datang, Warga Bangun Jembatan Jelok Secara Swadaya

David Kurniawan
Jum'at, 19 Oktober 2018 - 23:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Bantuan Pemerintah Tak Jua Datang, Warga Bangun Jembatan Jelok Secara Swadaya Kondisi perbaikan dan pembangunan Jembatan Jelok di Dusun Jelok, Beji, Patuk, Gunungkidul. - Ist/Dok warga

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Warga Dusun Jelok, Beji, Patuk memperbaiki Jembatan Jelok yang rusak akibat terjangan Badai Cempaka setahun silam secara swadaya. Hal ini dilakukan karena bantuan dari pemerintah tak kunjung datang, sementara akses jembatan merupakan sarana yang vital bagi masyarakat.

Salah seorang warga Jelok, Sukri mengatakan, masyarakat terpaksa membangun jembatan secara swadaya karena sudah tidak sabar lagi. Pasalnya bantuan dari pemerintah pascabanjir bandang di akhir 2017 lalu tak kunjung diwujudkan.

Advertisement

Untuk itu, warga berinisiatif menggalang dana untuk proses perbaikan secara mandiri. Usaha ini pun membuahkan hasil karena dapat mengumpulkan dana sebanyak Rp50 juta. “Dana ini berasal dari iuran warga, dana warga yang merantau dan anggaran hasil meminta proposal bantuan perbaikan,” kata Sukri kepada wartawan, Jumat (19/10/2018).

Dia menjelaskan, setelah dana terkumpul digunakan untuk proses pembangunan jembatan. Adapun prosesnya tetap mempertahankan pondasi lama serta melakukan perbaikan di beberapa titik yang rusak akibat badai cempaka yang terjadi di tahun lalu. “Saat ini masih proses dan mudah-mudahan segera selesai dan aktivitas warga kembali normal,” katanya.

Menurut Sukri, kerusakan jembatan sangat berpengaruh terhadap aktivitas warga. Untuk beraktivitas warga harus memutar jalan sehingga membutuhkan waktu beberapa saat. “Paling cepat menyeberang menggunakan perahu, tapi kalau menggunakan sepeda motor harus memutar jalannya,” katanya.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto mengapresiasi upaya yang dilakukan warga di Dusun Jelok. Menurut dia, untuk pembangunan terkait musibah yang terjadi di akhir tahun lalu sudah diusulkan dan rencananya akan ditangani oleh Pemerintah Pusat.

“Sudah diusulkan, tapi masih harus menunggu pelaksanaannya,” kata Purwanto.

Dia menjelaskan, proses rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan akibat badai cempaka sudah dipetakan. Untuk pemulihan terbadi dalam tiga penanganan, yakni oleh pemkab, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Untuk yang urusan kabupaten sudah diselesaikan, sedang kami juga masih menunggu realisasi pemulihan yang diusulkan ke pusat, salah satunya pembangunan kerusakan jembatan di sepanjang aliran Sungai Oya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement