Advertisement

Pendaftaran PPPK: Peserta Lanjut Usia Kesulitan Pakai Komputer

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:10 WIB
Laila Rochmatin
Pendaftaran PPPK: Peserta Lanjut Usia Kesulitan Pakai Komputer   Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah kendala masih dihadapi oleh pendaftar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru honorer eks K-II.

Ketua Persatuan Honorer Sekolah Negeri (PHSN) DIY, Subandi mengungkapkan kendala yang dihadapi setiap pendaftar berbeda-beda. Namun yang dirasakan secara umum adalah jaringan yang kadang tidak lancar.

Advertisement

“Tentu beda-beda ya masalahnya. Mungkin ada yang Internet kadang cepat kadang lambat,” ucap Subandi, kepada Harian Jogja, Jumat (15/2/2019).

Selain terkendala jaringan Internet, dia juga mengaku terkendala perguruan tinggi tempat belajar dahulu, kini telah bubar. Akibatnya, hingga sekarang dia belum bisa menyelesaikan proses pendaftaran. Untuk mencari solusi, dia akan berkonsultasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY.

Subandi yang sudah tak lagi muda, mengatakan harus meminta bantuan honorer yang lebih muda untuk mengakses komputer. “Penggunaan sistem online tentu menyulitkan bagi pekerja yang sudah tua,” katanya.

Ia berharap proses pendaftaran dapat lebih dipermudah. “Lebih baik manual saja jangan pakai online, yang terpenting data-data lengkap semua,” ujarnya.

Salah satu guru eks K-II, Nurmoko mengatakan proses pendaftaran dinilai cukup lancar. Hanya untuk pengisian harus teliti. “Harus teliti saat mengisi data,” ujar Nurmoko.

Dikatakan Nurmoko, ia belum mengetahui bagaimana proses tes atau seleksi nantinya. Diharapkan proses seleksi tidak ada kendala berarti. Dia juga berharap lama pengabdian menjadi pertimbangan utama dalam seleksi ini, termasuk usia.

“Kami meminta tak ada tes lagi, hanya seleksi administrasi. Selain itu jaminan masa tua menjadi perhatian pemerintah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement