Advertisement

Zakat Infak dan Sedekah 2018 Capai Rp4,5 miliar

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 21 Februari 2019 - 22:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Zakat Infak dan Sedekah 2018 Capai Rp4,5 miliar Ilustrasi uang. - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kulonprogo mencatat total penghimpunan Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIS) pada 2018 mencapai Rp4,5 miliar. Hasil dana yang dihimpun itu antara lain untuk kegiatan sosial dan pendidikan.

Ketua Baznas Kulonprogo Abdul Majid mengatakan lembaganya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo dalam pengoptimalan penyaluran ZIS di Kulonprogo. Sebesar 50% dana dikhususkan untuk pendidikan.

Advertisement

“Dana-dana yang terhimpun antara lain untuk bedah rumah, safari jumat lalu 50 persen ZIS itu untuk pendidikan. Perwujudannya berupa beasiswa dan bantuan pembangunan masjid atau musala di sekolah-sekolah,” katanya, Kamis (21/2/2019).

Sumber dana ZIS di Kulonprogo berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab, badan usaha milik desa serta Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tiap-tiap kecamatan di Kulonprogo.

Menurut Abdul, yang menjadi kendala Baznas dalam pemanfaatan ZIS yaitu kurangnya sosialisasi di masyarakat. “Jika dioptimalkan secara baik ZIS dapat berguna untuk masyarakat secara luas, salah satunya untuk mengentaskan kemiskinan,” paparnya.

Asisten Sekretaris Daerah Kulonprogo Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Jumanto mengatakan zakat juga dihimpun dari pegawai negeri sipil muslim sebesar 2,5% yang dipotong langsung dari pendapatan tiap bulan.

“Nantinya dana disalurkan pada kegiatan-kegaitan seperti setiap hari Minggu untuk melakukan bedah rumah, dengan bantuan sebesar Rp15 juta. Juga safari Jumat dan penyerahan bantuan kepada kaum duafa dan takmir,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement