Bakti Sosial Awali Peringatan Hari Jadi Sleman

Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto
31 Maret 2019 09:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Hari Jadi Sleman ke-103 pada 15 Mei mendatang diawali dengan kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di RSUD Prambanan, Sabtu (30/3/2019).

Kegiatan bakti sosial tersebut berupa pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis yang diikuti sebanyak 291 peserta anak-anak Sekolah Dasar (SD), baik dari wilayah Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Klaten.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman dalam sambutannya mengatakan kegiatan bakti sosial yang dilakukan dalam rangkaian peringatan hari Jadi Sleman yang ke-103 ini diharapkan dapat membantu anak-anak SD khususnya bagi warga Sleman, namun karena mengingat letak RSUD Prambanan berada di wilayah perbatasan, kata dia, maka melayani pula anak-anak SD dari wilayah Bantul, Klaten dan Gunungkidul  yang biasanya memang berobat di RSUD Prambanan.

“Diharapkan kepada orang tua untuk selalu mengawasi aktivitas anak dalam menggunakan handphone, karena gangguan kesehatan mata paling banyak disebabkan karena anak-anak terlalu lama bermain-main dengan handphone,” kata Sumadi, Sabtu (30/3/2019).

Ketua Panitia Kegiatan, Ahmad Prasetyanto Utomo, menjelaskan, kegiatan baksos yang dilakukan yakni dengan screening (pemeriksaan awal) peserta di ruang tunggu laboratorium, dan pelayanan kemudian pelayanan lanjutan di Aula Shinta RSUD Prambanan.

“Sementara untuk pelayanan kacamata hanya diberikan kepada peserta yang diindikasikan menggunakan kacamata, dan akan diberikan maksimal dua bulan setelah pelaksanaan kegiatan,” ujar dia.