Advertisement

Bawaslu Gunungkidul Patroli 24 Jam untuk Antisipasi Serangan Fajar

David Kurniawan
Selasa, 16 April 2019 - 14:57 WIB
Sunartono
Bawaslu Gunungkidul Patroli 24 Jam untuk Antisipasi Serangan Fajar Ilustrasi anggota Bawaslu Gunungkidul merapikan APK hasil penertiban, di Kantor Bawaslu Gunungkidul, Jumat (16/11/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI –Jelang pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019 praktik politik uang harus tetap diantisipasi. Bawaslu Gunungkidul terus melakukan patroli keliling selama 24 jam selama masa tenang pemilu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya praktik politik uang dengan modus serangan fajar.

“Kami akan terus awasi nonstop sehingga praktik politik uangg bisa dicegah,” kata Ketua Bawaslu Gunungkidul, Is Suamrsono kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

Advertisement

Dia menjelaskan, untuk patroli tidak hanya dilakukan oleh internal bawaslu mulai dari tingkat kabupaten, kecematan, desa hingga pengawas TPS. Namun, juga melibatkan anggota sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) di Gunungkidul. “Sudah dikoordinasikan dan kami berkomitmen untuk mencegah praktik politik uang dalam Pemilu,” tuturnya.

Merujuk Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dalam Pasal 523 ayat (2). Dalam pasal tersebut berbunyi setiap pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye pemilu yang dengan sengaja pada Masa Tenang menjanjikan atau memberikan imbalan uang atau materi Iainnya kepada pemilih secara langsung ataupun tidak langsung sebagaimana dimaksud dalam Pasal 278 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak Rp 48 juta.

“Harapannya pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman, lancar dan jauh dari praktik-pratik curang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement